3

Mau dapat rekomendasi Mining Bitcoin?

Klik Disini
REKOMENDASI MINING BITCOIN MENGUNTUNGKAN

Dapatkan rekomendasi situs dan aplikasi untuk mining Bitcoin & crypto

Mau dapat rekomendasi Mining Bitcoin?

Klik Disini

Apa itu Mining Bitcoin Calculator? Panduan Lengkap untuk Pemula

Bitcoin mining calculator adalah salah satu layanan  yang bisa digunakan untuk menghitung keuntungan dan pengeluaran yang kita butuhkan jika mining Bitcoin. 

Seperti yang  diketahui mining Bitcoin membutuhkan berbagai komponen seperti perangkat keras yang canggih, daya listrik yang besar dan seberapa banyak hash yang dihasilkan untuk bisa menghasilkan Bitcoin.

Kegiatan mining memang bisa menghasilkan Bitcoin jika dilakukan dengan benar dan alatnya memadai, tapi jika tidak maka mining adalah kegiatan yang sangat memakan waktu dan belum tentu hasil yang didapatkan akan setimpal dengan modal yang dikeluarkan. 

Karena itu ada beberapa pilihan Bitcoin mining calculator di berbagai website yang bisa dijadikan simulasi untuk menghitung keuntungan yang dihasilkan dari mining Bitcoin berdasarkan hashrate,  harga Bitcoin, daya yang dikonsumsi hingga biaya per KWH dari listrik yang digunakan. Salah satu yang menyediakan Bitcoin mining calculator adalah situs ini.

Di sini kamu bisa memasukan hash rate, harga Bitcoin, konsumsi daya hingga biaya per KWH kemudian kalkulator ini akan secara otomatis menghitung  perkiraan berapa profit yang dihasilkan, biaya yang dikeluarkan dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan kalkulator ini setidaknya kamu akan mendapatkan gambaran apakah mining Bitcoin merupakan cara yang paling tepat dan menguntungkan untuk mendapatkan Bitcoin selain dengan membelinya langsung di bursa. 

Faktor yang Memengaruhi Profit dalam Mining

Mining memang bisa menjadi cara efektif untuk menghasilkan Bitcoin dan pendapatan tambahan, tapi banyak faktor yang bisa mempengaruhi profit dari mining dan seringkali ini luar kendali penambang itu sendiri. Namun, ada dua faktor utama yang memengaruhi profitabilitas dalam Mining, yakni harga Bitcoin dan total tingkat hash jaringan.

Tingkat Hash 

Tingkat hash jaringan Bitcoin tumbuh pada tingkat 0,4527678% per hari. Ini berarti jika kamu membeli 50 TH / dtk perangkat keras penambangan, total bagian jaringan kamu akan TURUN setiap hari dibandingkan dengan total tingkat hash jaringan.

Kalkulator di website Buybitcoinworldwide mengasumsikan peningkatan harian 0,4527678% dalam tingkat hash jaringan yang merupakan peningkatan harian rata-rata selama 6 bulan terakhir.

Harga Bitcoin

Meskipun tingkat hash jaringan akan menyebabkan bagian  dari kekuatan hash jaringan turun, harga Bitcoin dapat membantu menutupi sebagian dari kerugian ini. Harga Bitcoin naik sedikit lebih rendah 0,3403% per hari selama setahun terakhir.  Harga telah turun hampir sepanjang tahun lalu, yang merupakan faktor yang harus sangat dipertimbangkan dalam perhitungan mengenai profit yang bisa dihasilkan. 

Asumsi Harga di Bitcoin Mining Calculator 

Di Bitcoin mining calculator ini hanya memproyeksikan dalam waktu satu tahun, saat block rewards adalah 6.25. Kemudian, menggunakan harga Bitcoin saat ini dalam perhitungannnya, tetapi kamu bisa  mengubah harga Bitcoin sesuai dengan perubahan yang terjadi. 

Apakah Mining Bitcoin Merupakan Pilihan Tepat ? 

Mari jelajahi faktor-faktor yang perlu kamu  pertimbangkan untuk memutuskan mining Bitcoin. 

Investasi Awal

Investasi awal dalam perangkat keras penambangan yang efisien mungkin adalah salah satu cara untuk keberhasilan mining Bitcoin. Sayangnya, perangkat keras penambangan itu mahal. 

Biaya tinggi ASIC perangkat keras penambangan khusus (Sirkuit Terpadu Khusus Aplikasi) sebagian besar merupakan penyebab sentralisasi penambangan Bitcoin di Cina.

Jika kamu tidak menyadarinya, sebagian besar operasi penambangan berada di China, terutama karena listrik yang murah. Karena ASIC mahal, banyak konsumen rata-rata tidak memiliki modal untuk berinvestasi di alat ini. 

Reward Block h dan Biaya Transaksi

Setiap kali sebuah blok divalidasi, orang yang menyumbangkan kekuatan komputasi yang diperlukan diberi hadiah blok dalam bentuk BTC baru dan biaya transaksi.

Waktu blok Bitcoin kira-kira 10 menit. Setiap 10 menit atau lebih, satu blok diverifikasi dan hadiah blok diberikan kepada penambang. Ketika Bitcoin pertama kali dibuat, penambang menerima 50 BTC untuk memverifikasi blok. Tapi sekarang block reward hanya sedikit dengan kesulitan penambangan yang semakin tinggi:

Tingkat Kesulitan Validasi Block

Menambang Bitcoin tidaklah mudah  itulah sebabnya jutaan dolar telah diinvestasikan untuk meneliti, mengembangkan, membuat prototipe, dan menjual perangkat keras penambangan khusus.

Bahkan jika kamu berinvestasi dalam ASIC penambangan khusus yang dapat menelan biaya ribuan dolar, peluang kamu  untuk berhasil memvalidasi blok sendiri sangat kecil. Selain itu, kamu akan  bersaing dengan orang lain di jaringan untuk memvalidasi block dan mereka yang memiliki daya komputasi lebih besar cenderung berhasil dalam memvalidasi blok.

Biaya listrik

Biaya listrik mungkin merupakan faktor yang paling berdampak pada profitabilitas pertambangan. Bagaimanapun, algoritma penambangan SHA-256 Bitcoin diklasifikasikan sebagai Proof-of-Work (PoW) karena pekerjaan harus dilakukan untuk memvalidasi jaringan. oleh karena itu listrik diperlukan untuk memvalidasi jaringan, dan listrik yang dibutuhkan tidak kecil sehingga biaya listrik akan memakan dana yang cukup besar. 


Melihat berbagai faktor dan kesulitan yang dihadapi saat mining Bitcoin dengan profit yang mungkin tidak seberapa dibandingkan dengan modal yang dikeluarkan. Kegiatan mining bukanlah hal yang tepat bagi semua orang untuk bisa menghasilkan Bitcoin. Pada akhirnya cara termudah untuk mendapatkan Bitcoin dan memperoleh keuntungan dari aset ini adalah membelinya di bursa. 

Top exchange
Indodax
0 Ulasan
Daftar
TRIV
20 Ulasan
Daftar
Pintu
14 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Pertanyaan penting

Apa itu Bitcoin Mining Calculator?

Itu adalah layanan yang bisa digunakan untuk menghitung keuntungan dan pengeluaran yang kita butuhkan jika mining Bitcoin.

Apa Faktor Profitabilitas dalam Mining?

Ada dua faktor utama yang memengaruhi profitabilitas dalam Mining, yakni harga Bitcoin dan total tingkat hash jaringan.

Bagaimana Sistem Perkiraan Bitcoin Mining Calculator?

Bitcoin mining calculator hanya memproyeksikan dalam waktu satu tahun, saat block rewards adalah 6.25. Kemudian mereka menggunakan harga Bitcoin saat ini dalam perhitungannnya.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

20 Ulasan
Daftar
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

14 Ulasan
Daftar
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar