Mau tahu rahasia project DeFi terbaik?

Klik Disini
RAHASIA PROJECT DEFI TERBAIK

Dapatkan rahasia dan ulasan beragam project DeFi terbaik untuk perluas pilihan investasi aset kripto mu

Mau tahu rahasia project DeFi terbaik?

Klik Disini

Mengenal Liquidity Pools di Chainge Finance

Salah satu layanan yang diberikan Chainge Dex adalah liquidty pools, nah tapi apa itu liquidity pools? Selengkapnya akan diulas di artikel berikut ini.

Apa itu Liquidity Pools?

Di Decentralized Finance (DeFi), liquidity pools adalah kumpulan token yang dikunci ke dalam smart contract yang memfasilitasi perdagangan aset yang efisien sambil memungkinkan investor untuk mendapatkan pengembalian atas kepemilikan mereka.

Liquidity pools tidak lebih dari pembuat pasar otomatis yang menyediakan likuiditas untuk menghindari perubahan harga yang besar untuk suatu aset.

Cara kerja Liquidity Pools

Siapa pun yang menyediakan likuiditas di kumpulan sebenarnya menambahkan dana ke smart kontrak, menawarkan pengguna potensial kesempatan untuk membeli dan menjual.

Sebagai imbalan untuk menyediakan likuiditas, pengguna alias penyedia likuiditas (LP) akan mendapatkan biaya perdagangan dari perdagangan yang terjadi di pool mereka, sebanding dengan bagian mereka dari total likuiditas.

Sebagai contoh, mari kita ambil sepasang token: token A dan token B. Pengguna harus meletakkan token A dan token B di pool secara bersamaan pada rasio tertentu.

Ketika pengguna membeli token B dengan token A-nya di DEX, dia mengirim token A ke pool dan mendapatkan token B dari pool, ini berarti rasio berubah.

Ketika pengguna menukar token B-nya dengan token A di DEX, dia mengirim token B ke pool dan mendapatkan token A dari pool. Dengan demikian rasio berubah ke arah yang berlawanan.

Hal Menarik di Liquidity Pools

Nah ada hal menarik di Liquidity Pools, karena rasio terus berubah, ketika harga token A atau token B berubah secara signifikan selama periode waktu tertentu, kumpulan likuiditas terus menerima satu token yang harganya tetap sama atau turun sambil memberikan token lain yang harganya naik.

Liquidity Pools Chainge Finance
Liquidity Pools Chainge Finance

Untuk penyedia likuiditas, ini berarti dia akan kehilangan sejumlah token yang nilainya meningkat. Itu yang kita sebut kerugian tidak kekal. Tetapi ketika harganya turun kemudian, kerugian yang tidak permanen itu akan diganti.

Jadi, bagi yang telah memperhatikan salah satu dari penurunan (atau kenaikan) jumlah mata uang yang dikumpulkan. Ini sepenuhnya normal dan bagian dari cara kerja kumpulan likuiditas.

Namun, di aplikasi Chainge ada beberapa pair dengan likuiditas yang cukup sehingga tidak terjadi kerugian seperti itu.

Chainge melalui rilis resminya melalui platform medium, menyarankan untuk  memiliih aset ini sebab tidak memiliki kerugian permanen apa pun dan APY yang cukup besar.

USDT/TF-USDT – Ukuran kumpulan: 20,23 juta – APY:161%

BTC/TF-BTC – Ukuran kumpulan: 11,8 juta – APY:162%

CHNG/USDT — Ukuran kumpulan: 1,41 juta — APY:438%, pasangan ini memiliki kerugian yang tidak kekal walau begitu APY yang ditawarkan sangat tinggi sehingga bisa menutupi jika ada kerugian.

Pair di Chainge
Pair di Chainge

Tapi perlu diingat APY ini akan bervariasi dalam waktu tergantung pada harga dasar token CHNG dan jumlah likuiditas yang ditambahkan di kumpulan sesuai dengan formula yang telah ditetapkan dan akan diperbarui seiring waktu.

Tingginya APY di Chainge

APY yang ditawarkan Chainge cukup besar, hal ini memicu pertanyaan dari mana platform mendapatkan dana sebanyak itu? mari kita bahas.

Pertama-tama, fakta bahwa semua APY yang didistribusikan ada dalam token CHNG (yang merupakan token asli) membuat segalanya jauh lebih mudah bagi karena bergantung pada harga CHNG, kedua, adanya arbitrase.

Penawaran APY Futures di Chainge Finance

Adapun APY yang ditawarkan untuk Futures Chainge, beginilah keadaannya:

Dalam kerangka waktu untuk mendapatkan APY yang ditampilkan adalah untuk aset TF (Time Frame) tambahan yang diterima.

Jika kamu mengatur waktu aset,  maka pengguna akan langsung menerima aset TF (Time Frame) dengan jumlah yang lebih besar dan ini merupakan bunganya. Untuk beberapa aset tertentu, Chainge juga menghargai CHNG, yang tidak termasuk dalam APY)

Dengan demikian pengguna  dapat melihat pasar Futures sebagai pasar bunga. Mereka yang menggunakan aset spot untuk membeli aset TF pada dasarnya berarti mereka meminjamkan. Mereka yang menjual aset TF pada dasarnya mendapatkan kembali dana yang mereka pinjamkan.

“ Kami bermain sebagai counter party saat pengguna meminjamkan. Dan kami mendapatkan hak untuk segera melikuidasi aset TF kami sehingga kami dapat melakukan arbitrase di pasar berjangka,” tulis Chainge dalam informasinya via Medium.

Jadi pada dasarnya, fitur ” “time frame to earn” + pasar DEX berjangka = sistem pinjaman terdesentralisasi. Bunga sebenarnya tidak diberikan oleh kami tetapi pengguna yang menjual aset TF.

Dana dijamin karena tidak peduli apakah spot atau TF aset mereka selalu berada di alamat pengguna sendiri. Dengan teknologi DCRM menjamin bahwa operasi lintas rantai aman.  Chainge pun telah mengerjakan teknologi ini selama 5 tahun terakhir.

Bagaimanapun, pengguna dapat menggunakan aset TF mereka untuk dilikuidasi kapan saja, atau menunggu hingga jatuh tempo. Ketika aset TF jatuh tempo, mereka secara otomatis beralih ke spot.  Satu-satunya perbedaan antara spot dan futures (aset TF) adalah waktu mulainya.

Jika waktu mulai suatu aset adalah 2022.1.1, dan hari ini adalah 2021.8.12, maka aset ini berjangka. Tetapi ketika waktu berlalu, katakanlah hari ini adalah 2022.1.2, dan waktu mulai aset adalah 2022.1.1, maka itu adalah spot.

Dan berbicara tentang APY, kamu dapat menemukan daftar lengkap pasangan yang  ditawarkan di sini

Top exchange
Pintu
14 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
TRIV
20 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

20 Ulasan
Daftar
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

14 Ulasan
Daftar