Zenith, Produk Perpetual dan Options Pertama di Tezos

Anisa Giovanny

7th October, 2022

Zenith merupakan kontrak perpetual future dan pertukaran opsi pertama yang tersedia di blockchain Tezos. Adanya Zenith ini memungkinkan pengguna untuk melakukan jual beli aset mereka hingga leverage 10 kali.

Kontrak yang diberikan juga tidak memiliki masa kedaluwarsa, yang membuat trader untuk melakukan spekulasi tentang pergerakan harga aset apakan akan naik dan membuka posisi long, atau turun dan membuka posisi short. 

Zenith merupakan bagian dari Payper Finance yang berfokus pada pengembangan protokol DeFi di Tezos.Payper Finance akan merilis  protokol defi seperti Futures, Perpetual Futures, Power Perpetuals, Options Trading, On-Chain Orderbook, Options Vaults, dan banyak lagi. 

“ Kami menawarkan 100% trading on chain dan non-kustodian, dan menggunakan stablecoin untuk trading futures daripada token lainnya untuk menurunkan volatilitas, “ tulis Zenith dalam keterangan resminya. 

Layanan ini juga menggunakan versi lanjutan dari VMM, dengan platform trading opsi yang berkinerja tinggi dan peer to peer. Di platform ini trader dapat membeli dan menjual opsi aset kripto favorit dengan biaya rendah, likuiditas tinggi, dan harga akurat, dijamin oleh Tezos.

Untuk mengenalkan calon trader lebih lanjut, Zenith pun membuka testnet dan whitelist untuk pengujian fase satu. Berikut ini adalah prosedur untuk whitelisting. 

  1. Aplikasi whitelisting akan dibuka di situs web Zenith mulai 25 September
  2. Siapa pun yang ingin masuk  harus mengajukan prosedur whitelist dari situs web dan bergabung dengan server perselisihan resmi Payper Finance. Setelah Periode Aplikasi berakhir, Zenith akan memberikan akses ke basis first come first serve untuk 100 pelamar pertama.
  3. Setelah proyek diluncurkan di mainnet, secara bersamaan Zenith akan mengumumkan pengujian fase 2. Pada fase 2 akan memasukkan 1000 pelamar ke whitelist dan juga memiliki beberapa pembaruan lebih lanjut tentang proyek dan sistem penghargaan.

Cara Kerja Sistem Hadiah 

  1. Bagi pengguna yang masuk ke daftar whitelist akan mendapatakn 10 token PPR
  2. Jika digunakan untuk trading maka akan ada tambahan 2 token PPR 
  3. Melakukan perdagangan dapat memberi Anda 2 token $PPR.
  4. Pada akhir setiap hari, 5 trader teratas yang menguntungkan mendapatkan 50 token $PPR.
  5. Jika posisi dilikuidasi akan mendapatkan 1 $PPR Token.
  6. Melaporkan bug ke tim, bisa mendapatkan 50 hingga 1000 token $PPR.

Rencana Payper Finance Selanjutnya 

  1. Peluncuran Zenith Mainnet
  2. Pengujian Zenith Phase-2 yang akan menyertakan beberapa update di rilis pertama.
  3. Lebih Banyak Distribusi Hadiah.
  4. Menambahkan token asli tezos untuk perdagangan seperti $CTEZ, $PLENTY, $QUIPU, $INSTA, $DOGA
  5. $PPR Staking untuk mendapatkan hingga 20% APY dalam kUSD
  6. Hadiah Likuidasi
  7. Squatz(Tezos Power Perpetual) – Proyek DeFi ke-2 

Baca juga: Apa Itu Tezos (XTZ)? Blockchain Ramah Lingkungan

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency