Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini
RAHASIA STRATEGI TRADING BITCOIN

Dapatkan tips dan rahasia strategi trading Bitcoin supaya kamu bisa semakin jago melihat peluang untung

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini

Tutorial dan Cara Trading Kontrak Futures di Binance

Salah satu jasa yang dicari dari seorang trader saat memilih platform adalah jasa perdagangan kontrak futures.

Tidak semua platform memiliki jasa perdagangan kontrak futures akibat mayoritas trader dan investor lebih sering memilih pasar spot.

Namun kontrak futures juga dicari akibat dapat menjadi salah satu cara pengaman atau hedging terhadap pasar spot. Sehingga mayoritas trader juga mencari platform yang menyediakan jasa tersebut.

Salah satu platform yang tergolong besar di dunia yang memberikan jasa ini adalah Binance. Binance adalah platform dengan salah satu volume perdagangan terbesar di dunia hingga saat ini.

Sehingga dalam artikel ini akan dijelaskan lebih dalam mengenai cara membeli kontrak futures di platform Binance. Kali ini contoh yang akan digunakan adalah kontrak futures untuk Bitcoin.

Baca juga: 5 Cara Untung dari Trading Futures

Masuk ke Akun Binance

Pastikan sebelum memulai transaksi, trader sudah memiliki akun Binance. Jika belum, trader wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu yang caranya dapat dilihat di sini.

Diskon 20% Biaya Trading di Binance

Kemudian, setelah registrasi atau mendaftar dan verifikasi, trader dapat log in atau masuk ke aplikasi atau situs Binance untuk melakukan transaksi di kontrak futures Bitcoin.

Deposit Dana

Setelah masuk ke akun Binance yang dimiliki, harus dipastikan bahwa akun tersebut memiliki dompet yang berisi dana. Jika belum ada dana, trader dapat melakukan deposit.

Deposit dapat dilakukan melalui beberapa cara seperti melalui platform lokal dan juga kartu debit atau kredit. Perlu diingat bahwa tidak ada minimum saldo deposit untuk trader.

Cara selengkapnya untuk melakukan deposit dapat dibaca di sini.

Masuk Kolom Futures

Langkah berikutnya adalah masuk ke kolom Futures, caranya adalah dengan meng-klik tulisan yang ada di bagian bawah seperti yang tertera di gambar berikut.

535893
Masuk ke kolom futures Binance

Dari sini nantinya Binance akan memberikan beberapa pertanyaan untuk memastikan trader memahami kontrak futures yang berada di Binance serta cara transaksinya.

Baca juga: Mengenal Jenis Kontrak Futures Berdasarkan Waktu Kedaluwarsanya

Setelah semua pertanyaan dapat dijawab, trader dapat melanjutkan untuk melakukan transaksi kontak futures di Binance.

Memilih Jenis Kontrak Futures dan Transfer Dana

Langkah selanjutnya adalah memilih jenis kontrak futures yang ingin ditransaksikan. Dalam Binance terdapat dua jenis kontrak futures yaitu USD-M (USDT-M) dan COIN-M.

USDT-M adalah kontrak futures dengan margin yang pencairan (penyelesaian) atau settlementnya dilakukan dengan menggunakan Dolar Amerika. Sedangkan COIN-M dilakukan dengan aset atau koin yang mendasari kontrak tersebut.

Tidak ada perbedaan dalam nilai dari kedua kontrak sehingga trader dapat memilih yang dirasa cocok. Cara memilih adalah meng-klik tulisan yang ada di aplikasi seperti pada gambar di bawah.

Jenis kontrak futures
Jenis kontrak futures

Setelah memilih, trader dapat melakukan transfer kepada dompet yang dituju yaitu dompet untuk USD-M (USDT-M) atau COIN-M. Caranya dapat dilakukan dengan mengikuti langkah gambar di bawah.

Masuk ke wallet
Masuk ke wallet

Pertama yang dilakukan adalah meng-klik tulisan wallet seperti gambar di atas. Setelah itu trader dapat meng-klik tulisan spot dan meng-klik transfer seperti gambar di bawah.

Masuk ke bagian spot
Masuk ke bagian spot

Trader setelah itu dapat memilih tujuan wallet atau dompet yang ingin dituju.

Memilih Aset dari Kontrak Futures

Setelah dana berhasil ditransfer, trader dapat memilih jenis aset yang akan mendasari kontrak futures pilihan. Caranya adalah dengan meng-klik tulisan yang tertera seperti gambar di bawah.

Pilih aset kontrak futures Binance
Pilih aset kontrak futures Binance

Dalam panduan ini, aset yang dipilih adalah Bitcoin dimana nama kontraknya adalah BTCUSDT.

Memilih Jenis Margin

Dalam transaksi kontrak futures, trader diberikan kemudahan untuk menggunakan margin atau leverage oleh Binance. Oleh karena itu, trader dapat memilih dua jenis margin yang diberikan.

Binance memiliki cross margin dan isolated margin dimana perbedaannya adalah dalam jumlah margin yang harus tersedia.

Cross margin mempermudah trader untuk menyebar margin ke beberapa posisi, sedangkan isolated margin terfokus pada satu posisi. Perbedaan lainnya adalah tingkat suku bunga yang diberikan.

Untuk memilih jenis margin, trader dapat meng-klik tulisan yang tertera seperti pada gambar di bawah.

Pilih cross margin
Pilih cross margin

Nantinya trader akan diberikan dua pilihan margin seperti gambar di bawah.

Klik confirm binance futures
Klik confirm

Setelah itu, trader dapat memilih tingkat atau rasio leverage yang akan digunakan. Caranya adalah dengan meng-klik tulisan yang tertera seperti gambar di bawah.

Pilih leverage
Pilih leverage

Dari tulisan tersebut, akan keluar pilihan rasio yang dapat digunakan dengan peringatan risikonya seperti gambar di bawah.

Klik confirm
Klik confirm

Perlu diingat bahwa rasio ini menggunakan dana pinjaman atau leverage yang digunakan. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai margin, trader dapat membaca artikel di sini.

Membuka Posisi

Setelah semua dilakukan, saatnya memilih posisi yang ingin dibuka. Pertama trader harus memilih apakah ingin membuka posisi jual atau posisi beli.

Sebagai contoh, posisi yang akan dibuka adalah posisi beli. Cara memilihnya adalah dengan meng-klik tulisan seperti pada gambar di bawah.

Buka posisi trading futures
Buka posisi trading futures

Setelah memilih, langkah selanjutnya adalah memilih jenis transaksi. Caranya adalah dengan meng-klik tulisan seperti gambar di bawah.

Pilih transaksi
Pilih transaksi

Dalam kontrak futures di platform Binance, terdapat lima jenis transaksi yaitu market, limit, stop-limit, stop-market, dan trailing-stop. Trader dapat memilih jenis transaksi tersebut dengan meng-klik tulisan seperti pada gambar di bawah.

Memilih limit di futures trading
Memilih limit di futures trading

Setelah itu, trader dapat memilih harga pembukaan posisi, jika tidak menggunakan jenis transaksi market, dan juga jumlah aset dalam kontrak tersebut.

535908
Masukkan jumlah aset

Caranya adalah dengan meng-klik­ tulisan seperti kotak dalam gambar yang tertera di atas. Setelah itu, trader dapat menetapkan tempat take profit (TP) dan stop loss (SL) serta jenis transaksi yang jika tidak menggunakan transaksi market, dapat memilih Post Only.

Selain itu, jika posisi yang dibuka ingin mengurangi posisi lainnya, trader dapat memilih transaksi reduce only. Caranya adalah dengan meng-klik tulisan yang tertera seperti gambar di bawah.

Pilih menu TP/SL atau Reduce Only
Pilih menu TP/SL atau Reduce Only

Setelah semua sudah dipastikan benar, maka trader dapat meng-klik tombol Buy/Long atau Sell/Short yang tertera seperti pada gambar di bawah.

Klik Buy/Long di Binance Futures
Klik Buy/Long di Binance Futures

Kemudian, posisi yang trader telah konfirmasi akan tertera di tabel pada bagian bawah. Jika transaksi tersebut bukan market order atau merupakan bagian dari transaksi limit, maka transaksi akan tertera pada kolom open orders seperti gambar di bawah.

Tampilan menu order
Tampilan menu order

Open orders menandakan posisi yang baru saja dikonfirmasi namun belum dibuka. Perlu diingat bahwa posisi dapat dibatalkan dengan tombol cancel seperti gambar di atas. Namun, Setelah terbuka, posisi tersebut akan terletak di kolom Positions seperti pada gambar di bawah.

Lihat menu posisi setelah order berjalan
Lihat menu posisi setelah order berjalan

Menutup Posisi

Jika trader sudah puas dengan keuntungan yang diraih, jika tidak ingin menunggu rencana take profit awal, trader dapat menutup posisi dengan cara meng-klik tulisan Close Position seperti gambar di bawah.

Close posisi trading
Close posisi trading

Setelah meng-klik tombol tersebut, trader akan diberikan peringatan konfirmasi seperti gambar di bawah.

Konfirmasi closing futures trading
Konfirmasi closing futures trading

Jika sudah benar maka trader hanya perlu meng-klik tombol confirm seperti gambar di atas. Setelah itu, transaksi selesai, dan trader sudah mengerti cara melakukan transaksi kontrak futures di platform Binance.


Dapatkan Bonus Voucher di Binance Earn

Jika Anda sudah mendaftar di Binance, Anda bisa mencoba salah satu layanan dari Binance yakni Binance Earn.

Binance Earn adalah portofolio produk mata uang kripto yang dirancang untuk memberi Anda penghasilan pasif.

Dengan Binance Earn, Anda dapat mulai menabung, staking atau bahkan menjadi penyedia likuiditas di pasar DeFi untuk mendapatkan penghasilan pasif dari bitcoin, stablecoin, altcoin, dan lainnya.

Cara Mendapatkan Bonus Voucher Binance Earn senilai $5!

  • Buat akun Binance di sini
  • Transaksi di Binance Earn dalam produk apa pun minimal senilai $100
  • Isi form ini dan tuliskan Binance ID kamu

Ketentuan

  • Harus melakukan transaksi produk Binance Earn minimal senilai $100
  • Hanya untuk 100 pengguna pertama yang memenuhi syarat
  • 1 pengguna hanya bisa klaim bonus 1 kali
  • Bonus dikirim langsung ke akun Binance pengguna di menu Reward Center.
  • Bonus bisa diklaim dalam waktu 2 minggu sebelum masa berlaku voucher habis/kedaluwarsa

Disclaimer: Platform ini belum terdaftar di BAPPEBTI.

Kami tidak menyarankan trading dan investasi digital asset secara ceroboh. Pastikan Anda sudah mempelajari serta mengetahui dan menerima resiko yang ada.

Semua trading / investasi digital asset harus dilakukan secara mandiri dan tanpa paksaan, serta sebaiknya menggunakan exchange yang resmi terdaftar di BAPPEBTI.

Konten ini bertujuan untuk edukasi, bukan ajakan atau saran legal trading dan investasi.

Top exchange
Lihat semua

Felita Setiawan

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.

Panduan Terkait

Trading Bitcoin

1 year ago

Perbedaan Trading Bitcoin dan Trading Forex
Sponsor

11 months ago

Cara Beli dan Jual Aset Kripto di Triv

Trading Bitcoin

1 year ago

Cara Jual Beli Crypto di FTX
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin