Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Wow, Cambridge Analytica Berencana Mengeluarkan Mata Uang Digital!

Felita Setiawan     Friday, October 19 2018

Cambridge Analytica (CA) sebelumnya berencana menggalang dana dengan mengeluarkan mata uang digital baru sampai adanya skandal yang mengaitkan Cambridge Analytica dengan Facebook mengenai masalah penggunaan data.

Perusahaan konsultansi dan analitik data asal British ini telah mendekati sebuah firma yang memberikan jasa konsultansi dalam melakukan Initial Coin Offering (ICO). CA berencana menggalang dana sebesar 30 juta dolar AS.

Sampai sekarang belum diketahui apakah Cambridge Analytica masih mencoba rencana ini. Seorang sumber tidak menyebutkan mengenai Coin Offering, tetapi menyebutkan bahwa perusahaan melirik untuk menggunakan teknologi Blockchain untuk membantu masyarakat mengamankan data online mereka.

 

Artikel Terkait: Apa itu ICO?

 

“Sebelum adanya kontroversi Facebook, kami sedang berusaha mengembangkan teknologi untuk membantu para individual mengklaim kembali data personal mereka dari perusahaan-perusahaan yang menggunakan data mereka sehingga masyarakat mampu mendapatkan transparasi penuh dan mengontrol bagaimana data personal ingin digunakan,” kata seorang juru bicara Cambridge Analytica. “Kami sedang mecoba beberapa pilihan untuk orang yang ingin mengatur dan menguangkan data personal mereka, termasuk teknologi blockchain.”

Cambridge Analytica, yang bekerja untuk kampanye pemilihan Presiden Amerika Serikat Donald Trump tahun 2016, telah menjalani pengawasan ketat di beberapa bulan belakangan ini setelah media New York Times dan Observer melaporkan bahwa perusahaan ini mendapatkan akses ke jutaan data personal pengguna Facebook secara tidak benar. Facebook berkata lebih dari 87 juta data pengguna memiliki kemungkinan kebocoran.

Sistem Coin Offering mungkin akan membuat Cambridge Analytica salah satu dari ratusan firma yang mencoba menggalang dana mengingat nilai mata uang digital belakangan ini naik pesat.

Banyak perusahaan berhasil menggalang dana sebesar 3,5 miliar dolar AS melalui ICO tahun ini, berdasarkan firma riset Autonomous. ICO cukup populer di kalangan investor karena mampu menukar token di platform exchange online, dan kadang mendapatkan profit.

Melihat hal ini, mungkin ke depannya kita akan dapat melihat lebih banyak lagi perusahaan-perusahaan terkemuka di dunia akan beralih ke dunia Blockchain dan cryptocurrency.

Disclaimer: Artikel ini ditulis pada bulan April 2018 dan bersumber dari Reuters.