Berita NFT · 8 min read

Kemenparekraf Luncurkan Wonderverse untuk Kenalkan Pariwisata Indonesia

Kenalkan pariwisata indonesia di metaverse

Teknologi Metaverse telah menjadi tren di dunia, banyak perusahaan besar yang berlomba-lomba untuk memasarkan produknya secara virtual melalui dunia virtual itu.

Demi bertransformasi ke era ekonomi baru, momentum ini juga dimanfaatkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang bermitra dengan Magnus Digital Indonesia untuk mengembangkan WonderVerse Indonesia.

Kemenparekraf memanfaatkan teknologi berbasis Metaverse untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia ke tingkat nasional dan internasional secara interaktif serta digital. Dengan metaverse, masyarakat diharapkan bisa merasakan sensasi wisata tanpa harus berkunjung secara langsung.

“Hadirnya platform baru ini adalah untuk mengangkat promosi pariwisata dan juga bagaimana ekonomi kreatif bisa kita tingkatkan dengan perkembangan teknologi,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan pers, pada Jumat (19/8/22).

Mengenal Wonderverse

Wonderverse Indonesia adalah platform yang mengenalkan pariwisata Indonesia dalam versi metaverse. WonderVerse Indonesia terbagi menjadi empat bagian atau disebut dengan nama ‘land’ yang merupakan representasi Indonesia sebagai negara kepulauan.

Dalam land ini terdapat  berbagai keanekaragaman yang bisa dinikmati, yakni sebagai berikut:

Lobby, disini pengunjung dapat berinteraksi dengan hewan endemik, galeri lukisan dari seniman Indonesia yang terpampang dalam layar lebar yang disediakan.

WonderFUN Land, selanjutnya land disini menghadirkan berbagai permainan khas Indonesia dan hiburan seperti pertunjukan wayang, tari-tarian, dan sebagainya.

WonderGoods Land, tempat pengunjung bisa bertransaksi barang-barang khas Indonesia yang dipasarkan oleh para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dam negeri.

WonderREAL Land, pengunjung bisa langsung membeli tiket penerbangan, hotel, dan akomodasi selama liburan untuk mengunjungi Indonesia sesuai destinasi yang diinginkan.

Sementara itu, saat menandatangani dokumen kerja sama (MOU). Chief Executive Officer Magnus Digital Indonesia, Hendra Liman, menjelaskan bahwa WonderVerse Indonesia  diharapkan dapat menciptakan serta menjadi yang pertama dalam mempromosikan keindahan dan keunikan Indonesia ke penjuru dunia.

Baca juga: Mengenal Metaverse Indonesia, Proyek Metaverse yang Didukung Pemerintah

Bangkitkan Pariwisata Setelah Pandemi

Dengan hadirnya WonderVerse Indonesia, dunia pariwisata dan ekonomi kreatif berharap bisa bangkit kembali, setelah terdampak oleh pandemi selama 2 tahun.

Maka dari itu, proyek ini dapat membuka peluang dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mendapatkan ruang dalam mempromosikan produknya yang pada akhirnya berdampak pada perekonomian Indonesia.

“Seiring berkembangnya dunia digital dan teknologi Indonesia, kami mempunyai harapan dengan adanya WonderVerse Indonesia untuk memperkenalkan keindahan budaya Indonesia di mata dunia dan menjadi sarana informasi bagi dunia tentang pariwisata Indonesia, and last but not least, memberikan manfaat yang besar untuk Indonesia dari sisi digital, travel, maupun ekonomi kreatif,” kata Chief Executive O cer Magnus Digital Indonesia, Hendra Liman.

Namun untuk saat ini, kata Hendra, MetaVerse Indonesia masih dalam tahap penyempurnaan dan akan terus dikembangkan. 

“Terus dipercantik termasuk mengakomodir semua kebutuhan. Harapannya keseluruhan akan bisa mulai diakses di kuartal 4 tahun 2022 ini,” kata Hendra. 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.