Whale Anonim Selamatkan Harga Bitcoin!

Rossetti Syarief

7th October, 2021

Pembeli tak dikenal berhasil selamatkan harga Bitcoin. Ia membeli Bitcoin senilai $1,6 miliar dalam 5 menit saja dan menyebabkan Bitcoin secara resmi keluar dari ‘masalah’.

Selain itu, pembeli tak dikenal tersebut juga menyebabkan lonjakan harga lebih dari 8% pada Bitcoin hanya dalam waktu kurang dari 15 menit. Pada saat penulisan, Bitcoin sudah bernilai $55.000.

Menurut CEO Ki Young Ju dari Cryptoquant, pergerakan harga yang gila ini memang dipicu oleh pembeli anonim yang membeli Bitcoin dalam jumlah besar melalui pesanan pasar.

“Seseorang tiba-tiba saja membeli Bitcoin senilai $1,6 miliar melalui pesanan pasar hanya dalam 5 menit. Likuidasi pendek tampaknya relatif lebih kecil seperti $17 juta pada waktu itu. Ini lebih seperti pembelian paus, bukan likuidasi kaskade lagi.” Ungkap Young Ju melalui cuitannya di lama Twitter.

Pembelian kolosal ini juga tercermin pada grafik milik Coinbase Premium Gap.

Dalam grafik menunjukkan kesenjangan antara harga Coinbase Pro (pasangan USD) dan harga Binance (pasangan USDT) yang menunjukkan tekanan beli spot yang kuat dari Coinbase saat premi tinggi.

Coinbase’s Premium Gap chart

Terakhir kali pasar melihat pembelian sebesar itu adalah pada bulan Februari 2020 silam, ketika Elon Musk mengumumkan bahwa Tesla telah membeli Bitcoin senilai $ 1,5 Miliar.

Pernyataan itu kemudian memicu pergerakan bullish yang bersemangat, bahkan harga hampir meningkat dua kali lipat pada bulan April.

Bitcoin Keluar Dari Kekecauan

Setelah lonjakan tiba-tiba tersebut, saat ini Bitcoin telah jauh di atas $52.800 dengan area resistensi psikologis utama yang terakhir dikunjungi oleh bull pada awal September. 

Zona harga ini juga sangat berperan sebagai dukungan paling signifikan selama kekacauan di bulan Mei.

Sirkulasi di atas harga ini sangat penting bagi seluruh komunitas kripto karena diperkirakan akan memiliki pengaruh kuat untuk penentuan harga selanjutnya.

Hal ini meletakkan dasar bagi harga yang sangat fluktuatif dan ingin melambung.

Dengan dihilangkannya resistensi ini, Bitcoin telah memperoleh kembali kapitalisasi pasar triliunan dolarnya bahkan melampaui Facebook.

Dan saat ini, fokusnya sudah lebih ditempelkan pada harga yang mengambil ATH April sebesar $64.854 dan juga $59.500 yang menghadirkan resistensi kecil.

Lonjakan Dari Pembelian ‘Eceran’

Selain pembelian besar-besaran, ada juga peningkatan aktivitas yang terjadi karena pertukaran dari trader yang terus menerus membeli Bitcoin untuk mengantisipasi bahwa harga akan melonjak selama Q4 tahun ini.

Menurut data dari Glassnode, ada 2,35 juta BTC juga telah ditambahkan oleh Long-Term Hodlers ke kepemilikan mereka sejak pasokan mereka turun pada bulan Maret. 

Dalam durasi yang sama, hanya 180k koin yang ditambang. Ini berarti penambang telah memegang koin 13 kali lebih banyak daripada yang diproduksi melalui penerbitan baru selama 7 bulan terakhir, yang gejala daripada bullish.

Total Pasokan yang Dimiliki oleh Pemegang Jangka Panjang

Pada saat pers, harga Bitcoin tidak masuk akal dengan level $54.167 dengan lebih banyak kenaikan diharapkan dalam minggu ini.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik