Berita NFT · 5 min read

Meski Kena Hack, Volume NFT Axie Infinity Naik 350%

meski-kena-hack-volume-nft-axie-naik

Axie Infinity sempat terkena hack besar-besaran di akhir Maret silam. Melalui Ronin Bridge, hacker mencuri lebih dari 600 juta Dollar dalam Ethereum dan USD Coin.

Nominal terbilang cukup besar, bahkan mengalahkan kasus peretasan fenomenal pada 2021 yang dialami Poly Network.

Baca juga: 10 Kasus Peretasan DeFi Terbesar dalam Sejarah

Namun mengawali bulan April ini, Sky Mavis selaku pengembang jaringan mengumumkan berita baik. Perusahaan berhasil mengumpulkan 150 juta Dollar dalam pendanaan yang dipimpin oleh Binance.

Suntikan dana tersebut mendorong keuntungan untuk NFT Axie Infinity yang naik lebih dari 350%. Sementara itu, selain Binance, Mavis juga mengeklaim jika Animoca Brands, a16z, Dialectic, Paradigm, dan Accel juga berpartisipasi di dalamnya.

NFT Axie Infinity Naik Setelah Suntikan Dana

Tidak sampai dua minggu setelah Ronin bridge di hack, perusahaan berencana untuk membuka kembali jaringan tersebut. 

Baca Juga: Axie Infinity Kena Hack! $600 Juta ETH dan USDC Hilang

Sementara dana baru yang disuntikan Binance akan digabungkan dengan dana yang dikumpulkan neraca Sky Mavis untuk menggantikan kerugian mereka terhadap pengguna.

Pihak Binance sendiri menyediakan likuiditas tersebut memang murni untuk membantu pengguna Ronin dengan memungkinkan mereka menarik dan menyetor ETH secara bebas.

“Agar ekosistem global terus berkembang dan matang, sangat penting bagi kita untuk bekerja sama, terutama dalam hal keamanan, yang merupakan kekuatan kita. Kami telah melihat kerja luar biasa dan pertumbuhan tim Sky Mavis sejak bekerja bersama dalam proyek Axie Infinity di Binance Launchpad,” tulis CEO Binance Changpeng Zhao dalam sebuah pernyataan.

Dengan pendanaan yang diberikan Binance hari ini, hal itu menandai pertama kalinya bursa terkemuka tersebut berinvestasi langsung dengan Sky Mavis.

Penyebab Ronin Bridge di Hack

Melalui pengumuman yang sama, Sky Mavis juga menyinggung penyebab peretasan yang terjadi pada Ronin bridge. Hal ini memiliki sangkut paut dengan pelanggaran kecil yang diciptakan set validator. Akibatnya, peretas lebih mudah untuk berkompromi dengan jaringan.

Peretas dapat memperoleh lima dari sembilan key yang digunakan untuk memvalidasi jaringan, cukup untuk mereka menarik token dari Ronin bridge ke eksternal wallet. 

Sementara untuk melindungi jaringan dari risiko di masa depan, Axie Infinity berencana meningkatkan grup validator mereka dari 5 menjadi 21 validator dalam jangka tiga bulan ke depan.

Dan sejauh ini, Axie Infinity telah mengumpulkan 2,2 juta monthly active user. Menurut perusahaan, mereka adalah game NFT paling banyak dimainkan sepanjang masa. 

Baca juga: 7 Game NFT Android Terbaik Layak Dicoba

Terbukti dari Sky Mavis yang terakhir mengumpulkan $152 juta Seri B pada Oktober 2021, dipimpin oleh a16z bersama perusahaan ventura lainnya, termasuk Paradigm dan Accel, yang ketiganya berpartisipasi dalam penggalangan dana hari ini.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.