Berita Exchange · 5 min read

Volume CEX dan DEX Turun di Q3 2023, Pangsa Pasar Binance Terkuras

Q3 Market Binance

Volume perdagangan pada exchange terpusat (CEX) dan exchange terdesentralisasi (DEX) mengalami penurunan di kuartal tiga 2023 dibandingkan dengan kuartal dua 2023.

Binance tetap menjadi CEX nomor satu dari segi pangsa pasar, namun mengalami penurunan. Sushiswap yang setia bertengger di top 10 DEX dari segi pangsa pasar, akhirnya terdepak pada kuartal tiga 2023.

Volume Spot CEX Turun 20,1%, Pangsa Pasar Binance Turun ke 44%

Volume perdagangan spot di 10 CEX teratas mencapai US$1,12 triliun pada kuartal ketiga 2023. Angka ini mengalami penurunan sebesar -20,1% dari kuartal kedua (US$1,40 triliun).

Binance mengalami turbulensi pada jajaran atas perusahaan dengan beberapa eksekutif puncak yang mundur. Hal ini kemungkinann menjadi dampak pada pangsa pasar Binance yang turun menjadi 44% pada bulan September 2023 yang sebelumnya sempat di angka 66% pada bulan Februari 2023.

binance market share
Gambar: Volume trading spot CEX. Sumber: CoinGecko

HTX, sebelumnya dikenal sebagai Huobi berhasil masuk ke dalam 10 besar CEX dan menduduki posisi ketiga dengan pangsa pasar 8% di September 2023. HTX berhasil mencatatkan volume perdagangan sebesar US$35,3 miliar di kuartal ketiga dengan peningkatan sebesar 86,9% dari kuartal sebelumnya.

KuCoin yang biasanya ada dalam daftar 10 besar CEX, keluar dari list pada bulan September 2023.

Baca juga: CEO Binance Terancam Kena Dakwaan Pidana di Brasil

Volume Spot DEX Turun 31,2%, Sushiswap Keluar dari Top 10

Volume perdagangan spot di 10 DEX teratas mencapai US$105 miliar pada kuartal ketiga 2023, mengalami penurunan sebesar -31,2% dari kuartal kedua (US$153 miliar).

Uniswap tetap menjadi DEX nomor satu berdasarkan pangsa pasar di angka 64,7% pada September 2023. Angka ini hampir sama dengan rata-rata pangsa pasar Uniswap di tahun 2023 yakni 65%, menunjukan bahwa Uniswap masih mendominasi sektor DEX hingga kuartal tiga 2023.

Gambar: Volume trading spot DEX Sumber: CoinGecko

THORchain menjadi DEX dengan peningkatan volume terbesar di kuartal ketiga 2023 dengan volume perdagangan naik sebesar 113% dan mencapai US$1,27 miliar. Namun lonjakan volume ini kemungkinan diakibatkan oleh transfer ilegal melalui jaringan ini seperti peretas FTX dan kelompok Lazarus. THORChain memiliki pangsa pasar sebesar 3% pada September 2023.

Sushiswap yang telah menjadi salah satu DEX yang rajin berada di top 10, keluar dari 10 besar pada kuartal ketiga 2023. Sebagai gantinya Orca, yakni DEX pada jaringan Solana mengambil tempatnya dengan pangsa pasar sebesar 1% pada September 2023.


Gambar: Marketcap kripto kuartal tiga 2023

Kuartal tiga menjadi periode dimana marketcap kripto secara keseluruhan mengalami penurunan sekitar -10% dari US$1,17 triliun ke US$1,05 triliun. Penurunan ini selaras dengan penurunan volume pada CEX dan DEX di kuartal yang sama, mengindikasikan kemungkinan para trader dan investor kripto kurang tertarik dalam bertransaksi ketika market sedang turun.

Kuartal empat telah diawali dengan cukup baik terlihat dari marketcap kripto yang naik +18% dari US$1,05 triliun ke US$1,27 triliun dari awal Oktober 2023. Jika indikasi benar dan kenaikan ini dapat bertahan hingga akhir tahun 2023, maka kemungkinan besar volume pada CEX dan DEX juga mengalami peningkatan di kuartal empat 2023.

Baca juga: Analis Kripto Perlihatkan PEPE Sebagai Indikator Pullback

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.