Berita Altcoins · 7 min read

Valuasi Solana (SOL) Nomor 4, Salip BNB dan XRP

Solana

Performa harga Solana (SOL) sangat mengesankan sejak awal Desember 2023 dengan kenaikan lebih dari +80%. Peningkatan harga ini juga menyebabkan SOL menjadi koin dengan valuasi terbesar nomor empat, menyalip valuasi Binance Coin (BNB).

Solana Catatkan Rekor Baru

Pada umumnya, aset kripto dengan valuasi yang besar (big cap) cenderung memiliki potensi return dan risiko yang rendah. Namun, performa harga Solana di tahun 2023 mengatakan hal yang berbeda. Per artikel ini ditulis (22/12/23), SOL telah meningkat sekitar +900% dari US$9,9 ke US$99,1 sejak awal tahun 2023.

solana
Gambar: Valuasi SOL (biru) vs. BNB (jingga)

Kenaikkan harga ini membuat Solana mencatatkan rekor baru dengan pertama kali memasuki top 5 berdasarkan valuasi, dan juga pertama kali menyalip valuasi BNB.

Jika dibandingkan dengan ETH, valuasi SOL sekitar 11 kali lebih kecil dibandingkan dengan valuasi ETH. Secara harga, maka harga SOL mesti meningkat 11 kali lipat ke US$1.100 untuk menyalip Ethereum.

Baca juga: 3 Altcoin yang Berhasil Tarik Perhatian Investor 2023

Namun, Solana telah mencatatkan rekor baru terhadap Ethereum. Bukan dari segi valuasinya, tetap dari segi volume transaksi secara on-chain pada DEX. Dalam periode tujuh hari, transaksi DEX pada Solana mengungguli Ethereum dengan volume sebesar US$9,03 miliar, sementara volume DEX pada Ethereum adalah US$8,8 miliar.

Gambar: Top 5 volume transaksi DEX per blockchain. Sumber: DefiLlama

Dengan tren bullish di tahun 2023 ini, Solana kemungkinan besar masih dapat melanjutkan tren di tahun 2024. Harga SOL mesti mampu menembus level harga psikologis US$100, sebelum dapat melangkah lebih jauh di level resistance US$140 yakni level harga yang terakhir terlihat pada Maret 2022.

Baca juga: Pertama Kalinya, Volume DEX Solana Berhasil Salip DEX Ethereum

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.