Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Blockchain Ā· 6 min read

Upgrade Dencun Ethereum Sukses Tayang di Sepolia

Dencun di Sepolia

Blockchain Ethereum sukses meluncurkan upgrade Dencun di testnet Sepolia (30/1). Ini merupakan rangkaian kedua dari tiga upgrade testnet di Ethereum yang menandakan peluncuran proto-danksharing semakin dekat.

ā€œSepolia telah selesai,ā€ tweet Terence Tsao dari Prysmatic Labs, tim di balik klien Ethereum, Prysm. 

Upgrade ini merupakan pengujian kedua di tiga jaringan pengujian, sebelumnya DencunĀ telah diuji coba dengan testnet Goerli pada 17 Januari dan terakhir akan diuji testnet Holesky dijadwalkan akan mengimplementasikan Dencun pada 7 Februari.

Setelah tes ini selesai, tanggal aktivasi Dencun di blockchain Ethereum utama akan ditetapkan. Ini merupakan langkah pentingĀ  Ethereum untuk menerapkan proto-danksharding.Ā 

Baca juga: Masalah Sentralisasi Ethereum Berpotensi Ancam Jutaan Validator

Mengenal Proto-danksharding di Ethereum

Proto-danksharding dirancang untuk mengurangi biaya transaksi di Layer 2 dengan menggantikan calldata yang intensif gas dengan ‘blobs’. Data dalam blob ini tidak dapat diakses oleh EVM dan secara otomatis dihapus setelah jangka waktu tertentu (1-3 bulan).

Hal tersebut akan memungkinkan peningkatan ketersediaan data dan mengurangi biaya transaksi, yang sangat penting mengingat peningkatan aktivitas on-chain yang telah mendorong biaya gas naik antara 50% hingga 100% di banyak Layer-2 terkemuka seperti Arbitrum, OP Mainnet, dan Base.

Proto-danksharding juga akan berperan sebagai perantara sebelum Danksharding yang akan membuat Ethereum menjadi blockchain yang benar-benar skalabel.

Baca juga: Mengenal Ethereum Restaking, Narasi Potensial 2024

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.