Metaverse · 7 min read

Universitas Yonsei Korea Selatan Luncurkan Metaverse

Meta Yonsei

LG Uplus, penyedia layanan telekomunikasi terkemuka di Korea Selatan, bekerja sama dengan Universitas Yonsei meluncurkan Meta Yonsei. Meta Yonsei menciptakan dunia virtual bagi kampus Sinchon Universitas Yonsei di Distrik Seodaemun, Seoul barat.

Melalui metaverse ini mahasiswa yang terverifikasi dapat menjelajahi dan berkoneksi di tempat-tempat penting di kampus Yonsei seperti auditorium, perpustakaan,area pertemuan pribadi untuk staf dan mahasiswa.

Berdasarkan artikel di Chosun Biz (14/5/2024), sebuah surat kabar lokal, pengalaman Meta Yonsei diterima dengan baik oleh mahasiswa di kampus.

Baca juga: Supermarket Korea Selatan Rilis Paket Makanan Bertema Bitcoin

Fokus Meta Yonsei

Salah satu yang membedakan Meta Yonsei adalah fokusnya pada produktivitas. Selain menyediakan lingkungan virtual untuk pertemuan tim dan kuliah, platform ini juga memungkinkan interaksi terstruktur antara mahasiswa dan staf pengajar melalui pengecekan terjadwal dan kegiatan terawasi. 

Sementara itu, Meta Yonsei tidak hanya dirancang sebagai media pembelajaran virtual. Ia juga dirancang sebagai persiapan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja.

Alat seperti fungsi rapat tim yang menampilkan ruang kerja virtual, konferensi video dan audio, serta anotasi dan teks otomatis diterapkan langsung ke dalam pengalaman. 

Hal tersebut juga dapat membantu mempersiapkan siswa menghadapi realitas tempat kerja global modern di mana alat produktivitas seperti Google Meet dan Zoom serta kolaborasi lintas negara antara beragam tenaga kerja secara real-time telah menjadi hal yang lumrah.

LG U+ berencana akan mengadakan acara seperti upacara penyambutan mahasiswa baru, kuliah khusus, dan acara bersama dengan Universitas Korea di Meta Yonsei di masa mendatang.

“Mahasiswa baru di Kampus Internasional Songdo menunjukkan minat yang besar terhadap konsep versi virtual kampus Sinchon. Kami berharap mahasiswa Gen-Z yang terbiasa menggunakan layanan virtual dapat menikmati kampus virtual dengan membuat avatar sendiri dan mengikuti kelas,” kata Park Tae-young, ketua Komite Proyek Kampus Virtual Universitas Yonsei dilansir dari Korea Jongang Daily.

Dengan adopsi teknologi metaverse semakin meluas, Meta Yonsei menonjol sebagai contoh bagaimana pendidikan tinggi dapat bertransformasi melalui inovasi teknologi.

Diharapkan platform ini akan menjadi model bagi universitas lain dalam menerapkan konsep metaverse untuk meningkatkan pengalaman belajar dan berinteraksi bagi mahasiswa mereka.

Baca juga: Korea Selatan Bentuk Unit Resmi Investigasi Kripto

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.