Berita Bitcoin · 7 min read

Universitas di AS Ini Dirikan Institut Khusus untuk Kaji Bitcoin

University of Wyoming di Amerika Serikat telah mengumumkan pembentukan UW Bitcoin Research Institute (BRI) yang akan mulai beroperasi pada Agustus 2024.

Dalam sebuah postingan di X pada Minggu (28/7/2024), Associate Professor of Philosophy di University of Wyoming dan Direktur BRI, Bradley Rettler, menyatakan bahwa institut baru ini bertujuan untuk menghasilkan penelitian peer-review yang berkualitas tinggi tentang Bitcoin di berbagai disiplin ilmu.

Pendirian BRI pertama kali diumumkan di Bitcoin Conference 2024 di Nashville.

Rettler menyatakan kekhawatirannya terhadap kondisi penelitian Bitcoin saat ini, yang sering kali dilakukan oleh individu yang kurang memiliki keahlian di bidang ini. Ia mengutip sebuah studi yang diklaim cacat pada 2018 lalu yang dipimpin oleh Profesor dari University of Hawaii, Camilo Mora.

Studi tersebut secara keliru mengklaim bahwa emisi Bitcoin dapat berkontribusi signifikan terhadap pemanasan global pada 2048, yang dianggap Rettler sebagai kesalahpahaman tentang mekanisme operasi Bitcoin.

“Kesalahan-kesalahan ini menyusup ke dalam jurnalisme dan ketentuan kebijakan. Bitcoin memiliki banyak sisi baik dalam teori maupun praktik. Jurnalis tidak bisa menjadi ahli di segala bidang, jadi mereka mengandalkan akademisi. Sayangnya, terlalu banyak akademisi yang mengecewakan mereka,” tulis Rettler.

Ia menekankan pentingnya penelitian yang akurat dan komprehensif tentang Bitcoin, baik secara teori maupun praktik. Pendirian BRI bertujuan untuk mengisi kekosongan ini, menyediakan ruang khusus untuk penelitian Bitcoin yang ketat.

Salah satu profesor University of Wyoming yang bergabung di institut ini adalah Andrew M. Bailey, yang akan mulai bertugas sebagai anggota fakultas pada Agustus untuk semester 2024-2025 yang berlangsung selama musim gugur di AS. Bailey dan Rettler merupakan penulis buku Resistance Money: A Philosophical Case for Bitcoin.

BRI akan menawarkan lokakarya tahunan, penghargaan akademik, dan seminar mingguan, serta mengembangkan keanggotaan fakultas untuk mendorong dan menghargai penelitian akademik.

Baca juga: Pidato Donald Trump yang Pro Bitcoin Gagal Ciptakan Reli Harga

Wyoming Dikenal Sebagai Negara Bagian di AS yang Pro-Bitcoin

Wyoming telah menempatkan dirinya sebagai negara bagian AS yang ramah terhadap kripto, hal ini sebagian besar berkat upaya Senator Cynthia Lummis, yang merupakan pendukung lama aset kripto.

Baru-baru ini, ia menyoroti potensi manfaat dari memelihara cadangan Bitcoin untuk memperkuat nilai dolar AS dan mengusulkan untuk memperoleh 1 juta Bitcoin selama lima tahun sebagai cadangan nasional selama Bitcoin Conference 2024.

BRI, sebagai entitas nirlaba, saat ini sedang mencari donasi dalam bentuk Bitcoin dan mata uang fiat. Institut ini berkomitmen untuk mengalokasikan 4% dari investasinya ke Bitcoin, dengan janji bahwa donasi Bitcoin ini tidak akan dijual kembali.

Baca juga: Edward Snowden Soroti Kerentanan Privasi Bitcoin

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.