Berita Regulasi · 5 min read

Uni Eropa Perluas Aturan Anti Pencucian Uang ke Kripto

Uni Eropa kripto

Pedoman Anti-Money Laundering (anti pencucian uang) and Counter-Terrorist Financing (pendanaan teorisme) Uni Eropa telah diperluas ke perusahaan kripto menyusul keputusan dari pengawas perbankan di kawasan tersebut (16/1/24).

Perubahan ini didorong oleh European Banking Authority ( (EBA), memperkenalkan langkah-langkah bagi Penyedia Layanan Aset Kripto (CASP) untuk menilai dan memitigasi risiko kejahatan keuangan yang terkait dengan operasi mereka.

Pedoman yang berlaku mulai 30 Desember 2023, secara khusus menargetkan risiko unik yang terkait dengan aset kripto, seperti fitur anonimitas, transaksi lintas batas, dan paparan terhadap entitas yang tidak diatur dan yurisdiksi berisiko tinggi.

Beberapa pedoman yang diberikan oleh Uni Eropa dan EBA adalah sebagai berikut:

  • Faktor Risiko Khusus Kripto: Pedoman ini menekankan pada identifikasi dan pengelolaan risiko unik pada aset kripto, seperti fitur anonimitas dan transaksi lintas batas.
  • Pendekatan Regulasi terhadap CASP yang Tidak Diatur: Mereka menawarkan strategi bagi lembaga keuangan ketika berhadapan dengan CASP yang tidak diatur berdasarkan peraturan aset kripto UE.
  • Panduan Mendalam untuk CASP: Instruksi terperinci untuk CASP mencakup penilaian dan manajemen risiko, terutama mengenai jenis pelanggan, sifat transaksi, dan interaksi dengan yurisdiksi berisiko tinggi atau entitas yang tidak diatur.
  • Strategi Mitigasi Risiko: Penekanan ditempatkan pada penggunaan alat analisis canggih untuk pemantauan transaksi dan manajemen risiko.

EBA mengklaim amandemen terbaru ini adalah “langkah maju yang penting dalam perjuangan UE melawan kejahatan keuangan” dan “menyelaraskan pendekatan” bagi perusahaan kripto di seluruh serikat untuk mengurangi pencucian uang dan pendanaan teror.

Baca juga: Aturan Kripto Antar Negara Anggota G20 Mulai Berlaku 2027

Langkah Perkuat Keamanan Keuangan Uni Eropa

Langkah ini juga menyelaraskan pendekatan di seluruh negara anggota UE, memperkuat pertahanan kawasan terhadap kejahatan keuangan di sektor kripto. Selain itu, pedoman ini selaras dengan kerangka peraturan UE yang lebih luas, termasuk peraturan Transfer of Funds Regulation (ToFR) dan regulasi Markets in Crypto-Assets (MiCA) yang kan diterapkan UE pada kuartal pertama 2024.

Baca juga: Dua Pejabat Senior Bank Sentral Eropa Sebut Bitcoin Tak Cocok Jadi Investasi

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.