Ukraina Resmi Melegalkan Bitcoin

Rossetti Syarief

18th February, 2022

Bitcoin kini telah resmi legal di Ukraina, setelah parlemen negara setempat menyetujui instrumen digital tersebut dalam pembacaan akhir RUU yang memenuhi rekomendasi presiden. Perlu diingat, Ukraina belum menjadikan BTC sebagai alat pembayaran yang sah.

“Undang-undang baru ini merupakan peluang tambahan untuk pengembangan bisnis di negara kita. Perusahaan crypto asing dan Ukraina akan dapat beroperasi secara legal, dan Ukraina akan memiliki akses yang nyaman dan aman ke pasar global untuk aset virtual.” Ungka Mykhaylo Fedorov, menteri transformasi digital Ukraina.

Sementara itu, RUU mengenai cryptocurrency telah disahkan parlemen negara setempat pada hari kamis, dengan lebih dari 270 suara.

Ukraina Resmi Melegalkan Bitcoin

Setelah dilegalkan, perizinan pada penyedia layanan Bitcoin dan cryptocurrency, serta melakukan pengawasan dan pemantauan keuangan pasar akan diatur oleh Komisi Sekuritas Ukraina.

Ukraina sebenarnya telah memperkenalkan perencanaan mata uang digital serupa pada bulan September, tetapi Presiden Volodymyr Zelensky memvetonya pada bulan berikutnya dengan alasan “Ukraina tidak mampu untuk membuat badan pengatur baru khusus untuk ranah cryptocurrency.”

Namun akhirnya Presiden Zelensky mengembalikan RUU itu ke parlemen Ukraina bersama dengan sarannya untuk membiarkan regulator yang ada mengawasi sektor.

Sekarang, parlemen telah memasukkan rekomendasinya dan mengesahkan RUU yang diubah.

Menurut Serhiy Tron selaku pendiri White Rock Management dan Parea Foundation international fund, undang-undang terkait aset gital sebagian besar merupakan kerangka hukum dan memerlukan penyempurnaan substansial lebih lanjut, misalnya, perubahan pada kode pajak.

Meski baru dimulai, Tron mengatakan bahwa Kementerian Transformasi Digital Ukraina berencana menjadikan negara Ukraina pemimpin di pasar Bitcoin dan cryptocurrency global, dengan difasilitasi oleh undang-undang baru.

“Dengan menciptakan pasar cryptocurrency inovatif berteknologi tinggi yang bermain dengan aturan yang jelas, negara mengharapkan kedatangan cepat investor crypto dari seluruh dunia,” tambahnya.

Sementara itu, dengan adanya RUU Bitcoin yang baru, pemanfaatan aset digital di Ukraina memungkinkan mata uang peer-to-peer untuk keluar dari zona “abu-abu”.

Baca Juga: Donasi Bitcoin kepada Ukraina Meningkat saat Konflik dengan Rusia

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.