Berita Exchange · 7 min read

Film Dokumenter Skema Peretasan Bitfinex dan Pencucian Bitcoin Tayang di Netflix

Film Dokumenter Skema Peretasan Bitfinex dan Pencucian Bitcoin Tayang di Netflix

Raksasa streaming Netflix mengumumkan akan segera memproduksi serial dokumenter tentang peretasan Bitfinex yang cukup fenomenal.

Kasus peretasan Bitfinex pada 2016 silam menjadi salah satu kejahatan terbesar sepanjang sejarah cryptocurrency dengan pencurian 119.756 Bitcoin (BTC) yang bernilai 72 juta Dollar pada saat itu.

Film dokumenter yang Netflix rancang akan berpusat pada kisah pasangan suami istri yang diduga kaki tangan peretas, serta bagaimana mereka melakukan pencucain uang Bitcoin melalui kasus tersebut.

Baca Juga : Terduga Kaki Tangan Peretas Bitfinex 2016 Ditangkap, $3,6 M dalam Bitcoin Dipulihkan

Kisah Peretasan Bitfinex akan Tayang di Netflix

Menurut Netflix, film dokumenter ini akan disutradarai oleh film kreator Amerika bernama Chris Smith yang bekerja sama dengan Nick Bilton sebagai co-executive producer. 

Plotnya didasarkan pada dua karakter utama yaitu Ilya Lichtenstein dan Heather Morgan, pasangan suami istri asal NYC yang terkait dengan perampokan 120.000 BTC dan keterlibatan mereka dalam pencucian dana yang dicuri.

Data yang dilansir TradingView menunjukkan, sejak peretasan Bitfinex pada 2016 silam, harga BTC kini telah melonjak lebih dari 7415% hanya dalam lima tahun terakhir.

Pergerakan harga Bitcoin sejak Agustus 2016. Sumber TradingView
Pergerakan harga Bitcoin sejak Agustus 2016. Sumber TradingView

Dapat simpulkan, nilai Bitcoin yang mereka curi melonjak dari $71 juta pada saat peretasan menjadi hampir $5 miliar.

Pasangan tersebut diduga mencoba melikuidasi uang digital mereka dengan membuat identitas palsu dan akun online, serta berinvestasi dengan emas fisik, NFT, dan banyak lagi.

Sementara itu, penyelidik tengah berlomba-lomba untuk melacak pergerakan uang di blockchain yang mereka lakukan pada saat transaksi. Beberapa media lokal sebelumnya juga melakukan hal yang sama.

Baca Juga: 10 Pencurian Crypto Terbesar yang Pernah Ada

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.