Ukraina Luncurkan Situs Donasi Crypto dengan FTX

Anisa Giovanny

16th March, 2022

Pemerintah Ukraina meluncurkan situs web donasi crypto baru pada Senin waktu setempat bernama “Aid for Ukraine,” yang mendapat dukungan dari pertukaran crypto FTX, Everstake platform staking, dan pertukaran crypto Ukraina, Kuna.

Baca juga: OnlyFans Sumbangkan 500 ETH pada Organisasi Pendukung Ukraina

Kemitraan ini bertujuan untuk mempercepat donasi ke negara yang tengah di landa perang. Saat ini, donasi ke Aid for Ukraina dapat dilakukan dalam BTC, ETH, USDT, DOT, SOL, DOGE, XMR, ICON, EOS, dan NEO.

Menurut situs web, pengguna telah mengirim lebih dari $48 juta crypto pada saat publikasi, kira-kira 24% dari target $200 juta.

Dana tersebut akan dikirim ke Bank Nasional Ukraina dan digunakan untuk “amunisi dan kebutuhan” untuk mendukung angkatan bersenjata negara dan program bantuan kemanusiaan. Sumbangan fiat ke bank sentral Ukraina dalam berbagai mata uang juga diterima.

“Bantuan Untuk Ukraina menunjukkan bagaimana komunitas kripto global dan sistem keuangan tradisional dapat bekerja sama,” kata salah satu pendiri Solana Labs Anatoly Yakovenko.

Baca juga: Ukraina Terbitkan NFT untuk Danai Perang

Peran FTX dalam Proses Donasi Ukraina

Secara total, lebih dari $93,6 juta dalam cryptocurrency telah masuk ke entitas untuk donasi Ukraina, baik pemerintah maupun non-pemerintah, sejak awal konflik, mayoritas crypto yang disumbangkan adalah Ethereum, menurut data dari perusahaan analitik Merkle Science.

Bantuan untuk Ukraina yang dikumpulkan melalui situs tersebut akan langsung diberikan kepada angkatan bersenjata negara dan warga sipil yang mencari bantuan kemanusiaan.

“Sumbangan kripto ke DAO disimpan dan diatur secara on-chain, kemudian ditransfer ke FTX, pertukaran terpusat, untuk dijual dengan fiat USD yang dikirim melalui SWIFT ke pemerintah Ukraina.

Nantinya, FTX akan mengubah sumbangan menjadi fiat untuk disimpan di Bank Nasional Ukraina, kemudian keterlibatan Everstake akan memungkinkan lebih banyak cryptocurrency diterima oleh situs web.

Bank sentral menggunakan sumbangan untuk mendukung “program bantuan kemanusiaan” serta angkatan bersenjata Ukraina.

“Aset kripto terbukti sangat membantu dalam memfasilitasi aliran dana ke warga dan tentara Ukraina, serta dalam meningkatkan kesadaran dan melibatkan orang-orang di seluruh dunia,” Oleksandr Bornyakov, seorang pejabat di kementerian digital, mengatakan dalam sebuah pernyataan.


Disclaimer: Platform ini belum terdaftar di BAPPEBTI.

Kami tidak menyarankan trading dan investasi digital asset secara ceroboh. Pastikan Anda sudah mempelajari serta mengetahui dan menerima resiko yang ada.

Semua trading / investasi digital asset harus dilakukan secara mandiri dan tanpa paksaan, serta sebaiknya menggunakan exchange yang resmi terdaftar di BAPPEBTI.

Konten ini bertujuan untuk edukasi, bukan ajakan atau saran legal trading dan investasi.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency