Berita Bitcoin · 6 min read

Tren Bitcoin ETF Buat AUM Produk Investasi Kripto Naik ke US$33,4 Miliar

Investasi Bitcoin tanpa modal

Laporan manajemen aset digital CCData pada 28 Juni 2023 mengungkapkan Assets Under Management (AUM) aset digital melonjak 69,05% tahun ini. Juni 2023 mengalami kenaikan 9,05% ke angka US$33,4 miliar.

AUM adalah total nilai pasar dari investasi yang dikelola oleh manajer investasi. AUM berfluktuasi untuk mencerminkan aliran uang masuk dan keluar dana dan kinerja harga aset.

Gambar data AUM aset digital. Sumber: CCData.

Pada bulan Juni, pasar digital untuk produk berbasis Bitcoin mengalami lonjakan yang signifikan, AUM meningkat sebesar 12,4% menjadi US$24,4 miliar.

Hal tersebut mengakibatkan produk berbasis Bitcoin meraih pangsa pasar sebesar 73,1%, meningkat 3,0% dari 70,1% di bulan Mei. 

Di sisi lain, produk berbasis Ethereum melihat peningkatan yang relatif lebih kecil sebesar 2,68%, yang mengarah ke pangsa pasar sebesar 23,1% (turun dari 24,5% di bulan Mei).

Baca juga: Bitcoin Dominasi 98% Produk Investasi Kripto

Institusi Minati Bitcoin ETF

Peningkatan AUM ini menurut laporan, kuat dugaan disebabkan oleh tren Bitcoin ETF yang sedang diminati institusi.

Chief Strategy Officer CoinShares Meltem Demirors menyoroti setidaknya delapan lembaga keuangan besar telah mengisyaratkan langkah dalam ruang aset digital.

Lembaga keuangan itu adalah ETF Bitcoin spot BlackRock dan solusi manajemen kekayaan kripto Fidelity, JP Morgan, Morgan Stanley, Goldman Sachs, BNY Mellon, Invesco, dan Bank of America.

“Banyak lembaga keuangan terbesar di AS secara aktif bekerja untuk menyediakan akses ke Bitcoin dan lebih banyak lagi,” katanya. 

Delapan lembaga keuangan itu setidaknya mengelola dana sebesar US$27 triliun, namun perlu dicatat angka itu adalah perkiraan dari total aset yang dikelola delapan institusi tersebut dan hanya sebagian kecil kemungkinan akan dialokasikan untuk investasi kripto.

Sementara itu, di tengah tren Bitcoin ETF, ProShares Bitcoin Strategy ETF (BITO), dana berjangka Bitcoin, mengalami peningkatan dalam arus masuk modal pada 26 Juni, dengan arus masuk mingguan paling signifikan dalam setahun sebesar US$65,3 juta.

Terbaru, Securities and Exchange Commission (SEC) telah memberikan persetujuan kepada Volatility Shares untuk 2x Bitcoin Strategy ETF (BITX) mereka, menandai ETF berjangka Bitcoin leverage pertama. ETF ini diluncurkan di Chicago Board Options (CBOE) BZX Exchange pada hari Selasa, 27 Juni.

Baca juga: SEC Izinkan BITX sebagai ETF Bitcoin Leverage Pertama di Amerika Serikat!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.