Berita Bitcoin · 5 min read

Bitcoin Berhasil Mendapatkan 500 Juta Transaksi

Bitcoin pertama kali dikenalkan oleh Satoshi Nakamoto pada satu dekade lalu, selama perjalanannya Bitcoin telah mengalami pasang surut, terutama soal harga.

Namun untuk jumlah transaksi, aset kripto itu mengalami peningkatan yang mengesankan. Karena sudah ada 500 juta transaksi Bitcoin.  

Satoshi, yang baru mulai melacak jumlah transaksi dari akhir 2017, menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan jumlah transaksi di blockchain Bitcoin per tahun, dan dalam tiga tahun BTC berhasil menggandakan jumlah tersebut.

Menurut situs data Satoshi sekarang ada 500,0165 juta transaksi di blockchain Bitcoin.

Baca juga : Perubahan yang Dihasilkan Bitcoin

Dari Transaksi Bitcoin Pertama Hingga Saat Ini

Transaksi Bitcoin pertama kali terjadi pada 12 Januari 2009. Nakamoto dan mendiang Hal Finney adalah kontributor awal pada kegiatan ini. Nakamoto mengirim Finney 10 BTC untuk uji coba,  dan itu adalah sejarah bagi aset kripto ini.

Sepuluh bulan kemudian tepatnya pada 5 Oktober 2009, New Liberty Standard menetapkan nilai tukar awal Bitcoin terhadap dolar. Pada saat itu harganya adalah $ 1 bernilai 2.300,03 BTC. 

Selanjutnya perkembangan transaksi Bitcoin terus berlanjut, dan pada 22 Mei 2010 BTC digunakan untuk membeli  sesuatu, yakni dua buah Pizza seharga  10.000 BTC oleh Laszlo Hanyecz.

Programmer saat itu  menawarkan pengguna di forum Bitcointalk BTC dengan imbalan dua pizza. Akhirnya ada seorang remaja bernama Jeremy Sturdivant  yang menerima Bitcoin dan mengirimi Hanyecz dua pizza dari Papa John’s. Ini menandai transaksi komersial pertama untuk Bitcoin.

Setelah 11 tahun, BTC sekarang mencapai tonggak penting lainnya  dan telah melewati setengah miliar transaksi.  Harga Bitcoin yang dulunya hanya $1 kini bisa mencapai $10.000, bahkan pernah mendekati $20.000.  

Baca juga : Harga Bitcoin Capai 132 Juta

Banyak exchange yang kini hadir untuk memudahkan pengguna untuk melakukan jual beli Bitcoin. Selain itu, para ahli cryptocurrency yang turut mengenalkan Bitcoin ke masyarakat dan membuat Bitcoin semakin dikenal dan diminati oleh banyak orang.  

Bitcoin juga mulai diterima sebagai alat pembayaran resmi diberbagai negara yang ramah terhadap cryptocurrency. Meski belum bisa menyaingi mata uang fiat, namun jumlah transaksi sebesar itu berita baik bagi Bitcoin untuk terus berkembang di masa depan.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.