Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Ini Perubahan yang Dihasilkan Bitcoin

anisa giovanny     Tuesday, January 14 2020

Bitcoin memiliki awal yang tenang 11 tahun lalu, namun sejak itu Bitcoin telah menerapkan inovasi dan perubahan bagi dunia keuangan.

Beberapa orang mungkin sibuk berdebat tentang berapa nilai pengembalian investasi yang telah dihasilkan BTC dalam satu dekade ini, selain itu cryptocurrency paling populer ini juga telah berhasil mengubah sektor keuangan.

Ini beberapa perubahan yang dihadirkan oleh Bitcoin yang berhasil membawa perubahan ke sektor keuangan.

Harga Bitcoin

Harga Bitcoin adalah salah satu topik yang paling banyak dibicarakan dalam komunitas penggunanya, ini adalah hal wajar untuk menampilkan potensi penuh yang dimiliki oleh mata uang kripto tersebut.

Singkatnya harga BTC selalu berubah tetapi hingga saat ini belum bisa melebihi $20.000. Meski begitu Bitcoin masih dinobatkan sebagai aset investasi yang memiliki kinerja paling baik dalam dekade ini.

Baca juga : Harga Bitcoin Ikuti Stock to Flow 700 Juta Mungkin Jadi Kenyataan

Bangkitnya Sektor Fintech

Topik ini awalnya dibawa oleh pendukung Bitcoin yang populer yakni Charlie Shrem. Dalam sebuah utas di twitter ia mulai menunjukan bahwa kripto telah berhasil membangkitkan sektor fintech dan menjadi inovasi luar biasa serta uang internet yang ajaib.

Dia melanjutkan dengan menunjukkan perbaikan besar-besaran yang dialami sektor fintech selama dekade terakhir ini. Shrem menunjukkan kecepatan sangat lambat, bagaimana pembayaran di proses, dan pada saat yang sama memiliki biaya transfer yang tinggi.

“ Inovasi sektor perbankan selama beberapa dekade ini sedang merencanakan untuk menciptakan biata baru, “ tulias Charlie

Bitcoin dapat memengaruh kedua hal tersebut, sebagai permulaan ini adalah sistem pembayaran elektronik peer-to-peer yang tidak memerlukan pihak ketiga dalam melakukan transfer.  

Sehingga transaksi bisa lebih cepat dan murah. Hadirnya Bitcoin juga membuat sektor fintech mengalami peningkatan besar, dan membuat prosesnya menjadi lebih mudah dan terjangkau.

Saat ini kebutuhan uang tunai fisik menurun setiap hari, ini juga dapat dikategorikan sebagai perubahan yang disebabkan oleh Bitcoin. Laporan menunjukan bahwa volume pembayaran non tunai terus meningkat selama dekade terakhir. Selama 2016-2017, pertumbuhan 12%, dan laporan memperkirakan bahwa dari 2017 hingga 2022, bisa meningkat  lebih dari 14%.

Pendidikan Keuangan

Kemudian perubahan yang dibawa Bitcoin lainnya adalah pendidikan soal keuangan. Shrem menunjukan jika orang-orang jauh lebih sadar sekarang dan berusaha mengerti tentang finansial.

Ia juga percaya jika ini dapat mengubah seluruh perjalanan umat manusia dan membuat orang lebih bebas jika mereka terus belajar dan mengetahui potensi mata uang digital terbesar ini.

Kenaikan harga BTC pada 2017 bisa jadi merupakan salah satu titik sejarah di mana Bitcoin menjadi pembicaraan oleh banyak orang. Selama beberapa bulan berturut-turut, harga BTC mencatat kenaikan harian dua digit yang mencengangkan sebelum akhirnya mencapai angka $20.000.

Penurunan harga BTC kurang dari $4.000 dalam setahun, namun ini tetap membuktikan jika volatilitasnya luar biasa. Karena itu makin banyak orang yang memutuskan tetap menggunakannya dan belajar lebih banyak.

Mulai banyak pula video Youtube atau influencer yang memberikan edukasi bagi masyarakat tentang potensi Bitcoin, bagaimana cara mendapatkan keuntungan, trading, atau jual-beli Bitcoin dan lain sebagainya.

Meskipun ada banyak penipuan yang masih menghantui cyptocurrency namun banyak pula komunitas cryptocurrency yang terdiri dari pendidik terkemuka memberikan edukasi dan bantuan bagi para pengguna Bitcoin.

Bitcoin mungkin bukan hanya sekadar alat investas yang sukses, mata uang kripto yang dikenalkan oleh Satoshi Nakamoto itu juga memiliki dampak yang lebih luas, terutama di sektor fintech, edukasi soal keuangan dan lain sebagainya. 

Seiring waktu, bukan tidak mungkin Bitcoin akan memiliki dampak yang lebih luas dan bukan hanya seputar di dunia keuangan atau ekonomi.

Sumber