Trader Derivatif Ethereum Masih Bullish! Ini Data Pendukungnya

Naufal Muhammad

25th August, 2021

Data menunjukkan bahwa mayoritas trader Ethereum (ETH) masih terlihat bullish atau percaya bahwa harga Ethereum akan terus naik.

Kondisi ini dilihat dari data derivatif yang menunjukkan trader masih percaya ETH akan terus naik dan belum akan turun.

Trader Ethereum Bullish

Ethereum mengalami apresiasi yang cukup signifikan menuju daerah atas $3.000 atau Rp43,2 Juta dan terlihat masih kuat bertahan di atasnya.

Kondisi ini bersama dengan mayoritas crypto yang mulai pulih sejak satu bulan yang lalu, walau saat ini terlihat terhambat.

Walaupun saat ini masih relatif bergerak secara menyamping atau dalam konsolidasi, mayoritas trader masih positif harga ETH masih akan naik.

Kondisi ini nampaknya dipengaruhi juga oleh sentimen positif dari ketertarikan Ethereum dan Non Fungible Token (NFT).

Saat ini dengan tumbuhnya fenomena NFT, Ethereum mendapatkan sentimen positif, akibat sebagian besar NFT bergerak pada Blockchain Ethereum.

Salah satu pendorong utamanya adalah Crypto Punks yang baru saja mengalami pembelian besar oleh Visa.

Setelah kabar tersebut, banyak pihak lain yang juga terlihat membeli dan membuat volume transaksi NFT di Ethereum meningkat.  

Selain itu, dengan banyaknya institusi yang mengadopsi Ethereum untuk portfolio dan juga reksadananya, sentimen positif masih terus kuat.

Pada hari Senin, 24 Agustus 2021, Dawn Stump, komisioner dari Lembaga Pengawas Perdagangan Futures Amerika (CFTC) menyatakan,

“Semua platform perdagangan futures yang bergerak tidak dengan persetujuan dari pemerintah, dapat mengalami teguran atau bahkan pemberhentian.”

Kabar baiknya, ternyata pernyataan tersebut tidak terlalu berpengaruh, dan menurut data saat ini, trader Ethereum masih bullish.

Data Pasar Futures Ethereum

Untuk melihat bukti sentimen dari pasar derivatif, salah satu data yang bisa dilihat adalah data dari pasar futures.

Salah satu data futures premium yang memperlihatkan bahwa harga kontrak futures Ethereum saat ini berada di atas harga asli Ethereum.

Perbedaan positif atau premium sebesar 5% hingga 15% umumnya menandakan potensi apresiasi dan kondisi pasar yang sehat.

Grafik Futures Premium

Dapat dilihat bahwa saat ini angka premium sedang berada pada 11% yang menunjukkan bahwa adanya potensi kondisi pasar positif.

Angka ini jauh lebih baik dari bulan lalu dimana premium ini berada di bawah 5% yang juga terlihat dari pasar yang berkonsolidasi.

Kondisi bisa jadi memburuk setelah premium berada di atas 15% akibat umumnya menandakan bahwa trader sudah berlebihan dalam modalnya dan berujung “serakah”.

Saat serakah, umumnya mayoritas crypto bergerak turun akibat umumnya sudah berada di harga puncak dan butuh koreksi.

Data Pasar Options

Selain dari data futures, data options juga dapat membantu memperlihatkan kondisi trader derivatif, akibat options dan futures adalah dua pasar derivatif utama di crypto.

Salah satu data yang dapat dilihat adalah data 25% Delta Skew yang membandingkan antara posisi beli (calls) dan jual (puts) yang dibuka.

Cara melihatnya adalah, saat 25% Delta Skew berada di atas 8% umumnya lebih banyak posisi jual yang berarti trader percaya harga akan terus turun.

Sebaliknya jika di bawah 8% maka umumnya lebih banyak posisi beli yang berarti trader percaya harga akan terus naik.

Grafik 25% Delta Skew

Grafik di atas menunjukkan data 25% Delta Skew yang dibuat dari rata-rata 30 hari (garis merah) dan juga 60 hari (garis biru).

Bisa dilihat bahwa sejak Mei 2021, saat pasar bergerak turun, Delta Skew juga bergerak turun. Kondisi ini terus terjadi hingga akhir Juli 2021.

Pada Bulan Agustus ini, angka 25% Delta Skew sudah terlihat kembali bergerak ke bawah 8% yang menandakan pandangan positif oleh trader options.

Kondisi ini sejalan dengan pasar futures yang menunjukkan data premium, sehingga dapat dilihat bahwa trader derivatif masih bullish.

Oleh karena itu walau saat ini pasar sedang bergerak sedikit melemah, kemungkinan besar harga masih akan terus naik.

Tapi perlu diketahui bahwa data derivatif hanya salah satu data acuan dan tidak dapat dijadikan satu-satunya acuan untuk melihat kondisi pasar.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.