Berita Blockchain · 6 min read

Total TVL EigenLayer Melonjak ke US$4 Miliar dalam 24 Jam!

TVL EigenLayer

EigenLayer, protokol restaking Ethereum telah menyaksikan Total Value Locked (TVL) naik hampir dua kali lipat dari US$2,16 miliar menjadi US$4 miliar hanya dalam waktu 24 jam menurut data dari dari DefilLama.

Gambar: TVL EigenLayer. Sumber: DefilLama.

Lonjakan ini terjadi setelah keputusan protokol untuk sementara waktu mencabut batasan deposit pada jenis token tertentu. Pengenalan awal pembatasan oleh EigenLayer ini adalah tindakan untuk menghindari dominasi token apa pun, yang berpotensi merusak etos desentralisasi protokol.

“Dalam protokol yang benar-benar netral, ada kemungkinan bahwa satu token mendominasi protokol dan melemahkan desentralisasi. Hal ini dapat menyebabkan pasar kepercayaan yang dapat diprogram ditumbangkan oleh satu pihak yang memiliki kekuatan untuk memilih pemenang atau terlibat dalam aktivitas berbahaya lainnya,” jelas EigenLayer dalam postingan blog. 

Ini berarti bahwa pengguna dapat berpartisipasi dalam mengamankan EigenLayer dengan menyetorkan ETH yang sudah dipertaruhkan secara asli atau ETH yang dipertaruhkan dalam protokol liquid staking ke dalam kontrak pintar jaringan, sehingga membuat mereka tunduk pada ketentuan slashing untuk mendapatkan hadiah tambahan.

Validator juga memiliki opsi untuk mengambil kembali token liquid staking hal ini tidak hanya memungkinkan mereka untuk memperluas keamanan ekonomi tetapi juga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hadiah tambahan atas token mereka yang mungkin tidak digunakan dalam protokol DeFi.

Baca juga: Sektor Liquid Restaking Memanas, TVL Tembus US$1,74 Miliar

EigenLayer Dipuji Vitalik Buterin

EigenLayer adalah bagian dari tren baru di dunia blockchain yang mengizinkan orang untuk menggunakan Ethereum (ETH) mereka untuk mengamankan jaringan lain.

Caranya adalah dengan menyetor ETH atau token staking ke dalam kontrak pintar Eigenlayer. Dengan begitu, mereka bisa mendapatkan imbalan tambahan, namun juga mengambil risiko.

Ini bagus untuk proyek-proyek baru karena mereka tidak perlu membangun jaringan validator mereka sendiri. Ide ini juga disukai oleh Vitalik Buterin, pendiri Ethereum. Tetapi dia juga memperingatkan agar tidak memberatkan Ethereum dengan hal-hal yang tidak diperlukan.

EigenLayer sendiri mendapatkan banyak dukungan dan dana dari investor karena konsepnya yang menarik. Ini karena protokol ini bisa digunakan oleh berbagai blockchain, tidak terpaku pada satu saja. Saat ini, banyak orang menggunakan EigenLayer untuk menghasilkan lebih banyak uang dari Ethereum yang mereka miliki. 

Baca juga: Mengenal Ethereum Restaking, Narasi Potensial 2024

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.