Top 5 Crypto Layak Diperhatikan di November: BTC, DOT, VET, COTI, ICX

Naufal Muhammad

1st November, 2021

Pasar crypto terlihat mulai terkoreksi kecil setelah mengalami apresiasi yang cukup signifikan di Bulan Oktober 2021.

Namun walau terjadi koreksi, saat ini pasar crypto masih terlihat kuat akibat masih berada dalam siklus bull run.

Siklus ini umumnya berakhir pada akhir tahun setelah tahun halving Bitcoin dan mendorong mayoritas crypto naik secara tinggi.

Melihat November yang masih ada dalam siklus bull run ini, terdapat kemungkinan apresiasi kembali setelah koreksi kecil beberapa hari ke depan.

Berikut adalah lima crypto potensial untuk diperhatikan pada Bulan November 2021 untuk analisis tambahan mencari keuntungan.

Bitcoin (BTC)

Bitcoin adalah salah satu crypto utama yang memiliki potensi untuk naik cukup tinggi di Bulan November 2021.

Selain prediksi apresiasi harga yang dapat menggiring opini positif terhadap Bitcoin, terdapat satu sentimen internal yang datang dari teknologi Bitcoin.

Sentimen tersebut adalah peluncuran pembaruan jaringan Bitcoin bernama Taproot Upgrade yang sudah dirancang sejak Tahun 2020.

Setelah pemungutan suara pada jaringan untuk persetujuan dan juga perancangan pembaruan, akhirnya pada sekitar 15 November 2021.

Pembaruan ini akan menampilkan beberapa fitur baru dimana salah satunya adalah Schnorr Signatures untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan jaringan.

Pembaruan ini dapat meningkatkan minat terhadap penggunaan jaringan Bitcoin terutama dengan banyaknya jembatan dan platform blockchain baru yang tersambung dengan Bitcoin.

Oleh karena itu kabar ini dapat menjadi sentimen positif yang dapat meningkatkan volume ketertarikan terhadap Bitcoin

Dari sisi teknikal saat ini Bitcoin terlihat sedang bergerak koreksi namun telah berhasil keluar dari zona koreksi tersebut.

Grafik Harian BTCUSD

Kemungkinan besar saat ini selama Bitcoin dapat terus menjaga batas bawah pada $60000 atau Rp850 Juta, Bitcoin masih dapat bergerak naik.

Batas atas selanjutnya berada pada $65500 atau Rp929 Juta, yang jika dilewati dapat bergerak naik kembali menuju $87200 atau Rp1,24 Miliar.

Polkadot (DOT)

Crypto yang memiliki potensi positif dengan kapitalisasi pasar relatif besar berikutnya adalah Polkadot.

Dikabarkan bahwa pada 11 November 2021 Polkadot akan mengadakan lelang slot Parachain untuk developer yang ingin membangun proyek crypto di dalamnya.

Parachain dari Polkadot memiliki perbedaan dengan blockchain pada umumnya. Perbedaan ini adalah syarat untuk membangun proyek di dalamnya.

Jika blockchain lain dapat bebas menerima proyek baru, untuk membangun proyek baru di Parachain dibutuhkan proses lelang sehingga tidak semua bisa dapat tempat baru.

Namun lelang ini dapat menjadi sentimen positif akibat dapat mendorong ketertarikan terhadap DOT dan mendorong volume pada jaringannya.

Ditambah lagi dengan terbatasnya tempat, ada kemungkinan banyak persaingan yang juga dapat dilakukan dengan membeli DOT secara besar.

Saat ini mayoritas pasar juga memiliki pandangan yang positif terhadap Polkadot, sehingga kemungkinan besar harganya dapat naik secara signifikan di November.

Dari sisi teknikal, saat ini DOT sedang bergerak walau terlihat akan bergerak koreksi ke batas bawah zona apresiasi saat ini.

Grafik Harian DOTUSD

Kemungkinan besar saat ini DOT akan koreksi menuju $39 atau Rp552 Ribu. Selama batas harga tersebut terus terjaga, DOT dapat bergerak kembali naik.

Jika terus naik melewati $48 atau Rp608 Ribu, tujuan berikutnya kemungkinan besar berada pada $73 atau Rp1,03 Juta.

Vechain (VET)

Vechain juga menjadi salah satu crypto yang berpotensi mengalami apresiasi cukup signifikan pada November 2021 akibat pembaruan jaringan.

Setelah berhasil meluncurkan jaringan baru pada akhir Oktober 2021, saat ini Vechain akan memperbarui jaringan tersebut.

Jaringan yang dimaksud adalah jaringan utama atau Mainnet PoA (Proof of Authority) versi 2.0 yang akan dilakukan pada 16 November 2021.

Pembaruan ini akan dilakukan secara bertahap, dengan adanya uji coba tambahan pada 5 November 2021 untuk memastikan kelancaran.

Nantinya, pembaruan ini akan memberikan kemampuan yang lebih tinggi kepada jaringan Vechain dari sisi kecepatan dan juga efisiensi penggunaan energi listrik.

Pembaruan ini juga membuka ruang untuk tumbuhnya ekosistem dan pengguna Vechain dari sisi adopsi perusahaan.

Dari sisi teknikal, saat ini VET berada pada pergerakan apresiasi baru dan kemungkinan dapat membawanya naik lebih tinggi.

Grafik Harian DOTUSD

Untuk saat ini batas bawah yang harus dijaga berada pada $0.115 atau Rp1630 untuk dapat kembali naik cukup signifikan.

Jika kembali naik, kemungkinan besar tujuan selanjutnya dapat mencapai $0.233 atau Rp3303 dalam beberapa pekan ke depan.

Coti (COTI)

Selanjutnya adalah COTI yang memiliki potensi apresiasi tinggi akibat banyaknya dukungan dari komunitas dan juga pembaruan jaringan.

Dikabarkan bahwa pembaruan jaringan versi kedua tersebut akan diluncurkan pada 2 November 2021.

Tujuan peluncuran jaringan tersebut dikabarkan untuk kembali menarik lebih banyak proyek keuangan ke dalam ekosistem COTI.

Hal ini disebabkan dalam pembaruan tersebut akan terdapat beberapa fitur yang mempercepat validasi transaksi.

Selain itu, pembaruan ini akan membuat COTI lebih cocok dengan lebih banyak crypto, sehingga dapat meningkatkan volume pada jaringannya.

Saat ini komunitasnya juga masih terus mendukung pertumbuhan ekosistem dan juga apresiasi harganya.

Dari sisi teknikalnya, saat ini COTI sedang berada pada pergerakan koreksi setelah menyentuh harga tertinggi baru.

Grafik Harian COTIUSD

Kemungkinan besar saat ini COTI akan koreksi yang dapat menuju hingga $0.46 atau Rp6521. Tapi selama batas bawah tersebut terjaga, kemungkinan COTI dapat kembali naik.

Tujuan apresiasi berikutnya kemungkinan besar berada pada sekitar $1.1 atau Rp15600 yang berada pada titik 161,8% Fibonacci Extension.

Icon (ICX)

Terakhir adalah Icon, salah satu blockchain yang sedang meningkat dalam ketenaran akibat banyaknya pembaruan dan peningkatan kualitas.

Dikabarkan bahwa pada 4 November 2021, Icon akan meluncurkan jaringan baru versi 2.0 dalam rangka meningkatkan kemampuan blockchainnya.

Salah satu fitur utama dalam pembaruan jaringan ini adalah fitur interoperabilitas atau fitur komunikasi antar blockchain.

Nantinya Icon akan memiliki fitur pelengkap agar memiliki kemudahan untuk menyambung dengan blockchain lainnya.

Kemampuan ini dapat membuat lebih banyak jenis crypto masuk ke blockchain Icon, sehingga dapat meningkatkan volume transaksinya.

Jika volumenya meningkat ada kemungkinan apresiasi harga untuk ICX akibat adanya permintaan yang meningkat terhadap koin tersebut.

Dari sisi teknikal, saat ini ICX sedang berada pada pergerakan apresiasi yang cukup besar dan telah berhasil melewati batas atasnya.

Grafik Harian ICXUSD

Kemungkinan besar selama pergerakan ini terus berlanjut, ICX dapat kembali naik hingga menuju $3.26 atau Rp46216.

Namun apresiasi ini harus menjaga batas bawah pada $1.9 atau Rp26900 yang jika ditembus dapat membuat pergerakan depresiasi.

Untuk penjelasan lebih lengkap, bisa klik video di bawah ini.

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.