Berita Altcoins · 6 min read

Token OP Naik 15% Pasca Kerja Sama Coinbase dengan Optimism

Coinbase dan Optimism

Exchange kripto Coinbase meluncurkan Base, sebuah jaringan layer-2 yang bekerjasama dengan layer-2 Optimism. Setelah pengumuman resmi tersebut, token OP milik Optimism melonjak +15%.

Coinbase Kerja Sama dengan Optmism

Akun twitter resmi Base (@BuildOnBase) mengumumkan bahwa Base pertama kali akan membangun layer-2 untuk menskalakan Ethereum dan bekerjasama dengan proyek layer-2 Optimism.

Ini juga dikonfirmasikan oleh akun resmi Optimism yang menyambut baik kerjasama Coinbase.

Selanjutnya, kedua proyek layer-2 ini bekerjasama untuk membangun sebuah Super chain yang yang memungkinkan interoperabilitas antara layer-2 dan cross chain.

Ethereum menjadi blockchain pertama dimana layer-2 Base menskalakan jaringan. Nantinya, Base juga berencana untuk membangun layer-2 untuk blockchain lainnya, seperti Solana.

Baca juga: Mengenal Protokol Layer 2 dalam Sebuah Blockchain

Harga Token OP Naik 15%

Pasca pengumuman kerjasama oleh keduanya, harga token utilitas Optimism (OP) mengalami kenaikan +15% dan kembali menyentuh harga di atas US$3.

Gambar: Grafik harga OP
Gambar: Grafik harga OP

Dengan demikian, OP telah mencatatkan kenaikan dari awal tahun 2023 sebesar +239%.

Secara jangka pendek, US$3 menjadi resistance bagi OP dan level harga ini sudah mengalami penolakan (rejection) sebanyak 4 kali dalam timeframe 1 jam. Kemungkinan kali ini tidak terjadi penolakan jika pemberitaan antara Base dan Optimism sangat gencar atau ekosistem antara keduanya terbentuk dengan cepat.

Kemungkinan lainnya, OP hanya akan bergerak antara rentang harga support US$2,4 dan resistance US$3.

Baca juga: Token Optimism (OP) Anjlok Setelah Airdrop Dadakan!

Wajah Baru Pada Persaingan Layer-2

Per 24 Februari 2023, menurut data L2Beat, terdapat dua layer-2 yang mendominasi pada jaringan Ethereum yakni Arbitrum dengan market share sebesar 53,04% dan Optimism dengan market share 30,93%.

Gambar: Data total nilai terkunci pada layer-2 jaringan Ethereum
Gambar: Data total nilai terkunci pada layer-2 jaringan Ethereum

Hadirnya layer-2 Base kemungkinan besar akan mengambil sebagian porsi pangsa pasar. Hal ini dikarenakan Base dengan Coinbase sebagai pendirinya tentu akan membawa banyak user terutama user Coinbase itu sendiri. Terlebih lagi jika nantinya Coinbase menyediakan layanan menuju dApps pada layer-2 Base di platformnya.

Per akhir 2022, Coinbase tercatat memili 103 juta user yang terverifikasi. Jumlah ini tentu sangat banyak jika dibandingkan dengan pengguna dApps.

Baca juga: Arbitrum dan Optimism Salip Jumlah Transaksi Harian Ethereum

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.