Berita Blockchain · 6 min read

Arbitrum dan Optimism Salip Jumlah Transaksi Harian Ethereum

Optimism dan Arbitrum salip Ethereum

Kombinasi kedua layer-2 Ethereum terbesar dari segi total nilai terkunci yakni Arbitrum dan Optimism telah melampaui jumlah transaksi harian Ethereum.

Dihitung semenjak Oktober 2022, jumlah transaksi pada jaringan Ethereum menunjukan penurunan hingga -30% sementara jumlah transaksi pada Arbitrum dan Optimism menunjukan kenaikan.

Arbitrum, Optimism vs. Ethereum

Per data terbaru pada 9 Januari 2023, jumlah transaksi pada jaringan Ethereum per harinya memang masih lebih banyak jika dibandingkan dengan masing-masing Arbitrum dan Optimism.

Berdasarkan data dari Dune Analytics, Ethereum mencatatkan jumlah transaksi sebanyak 1.093.675, Arbitrum sebanyak 525.380 dan Optimism sebanyak 646.707. Jika jumlah transaksi Arbitrum dan Optimism dijumlahkan maka telah melebihi jumlah transaksi harian Ethereum.

Grafik transaksi harian Ethereum, Arbitrum, dan Optimism
Grafik transaksi harian Ethereum, Arbitrum, dan Optimism

Jumlah transaksi Arbitrum dan Optimism bukan kali pertamanya melampaui jumlah transaksi Ethereum. Pertama kalinya jumlah transaksi keduanya melampaui Ethereum pada 11 September 2022.

Dilihat dari pertumbuhan jumlah transaksi harian, jumlah transaksi Ethereum telah mengalami penurunan mulai dari Oktober 2022 lalu sekitar -30% sementara jumlah transaksi harian Arbitrum dan Optimism meningkat.

Data ini menunjukan bahwa layer-2 masih tetap hidup walaupun setelah The Merge Ethereum dan spekulasi tentang matinya layer-2 ketika Ethereum menjadi lebih baik dalam hal skalabilitas nantinya.

Baca juga: $16 Juta Hilang dari Optimism! Harga Turun 50% dalam Seminggu

Arbitrum, Optimism vs. Layer-2

Per 11 Desember 2023, Arbitrum dan Optimism masih memimpin sebagai layer-2 Ethereum berdasarkan total nilai terkunci (TVL). Berdasarkan data L2beats, Arbitrum dan Optimism menyumbang 81% TVL dari semua layer-2 yang ada di Ethereum dengan Arbitrum sebesar 52,32% dengan TVL $2,32 miliar dan Optimism sebesar 28,76% dengan TVL $1,27 miliar.

Daftar 10 layer-2 pada Ethereum dengan TVL tertinggi
Daftar 10 layer-2 pada Ethereum dengan TVL tertinggi

Layer-2 lainnya seperti StarkNet juga telah memproses lebih banyak transaksi baru-baru ini. Teknologi StarkWare pembangun StarkNet juga memperkuat layer-2 lain termasuk ImmutableX dan dYdX.

Pada Oktober 2022, dilaporkan StarkNet memproses lebih banyak transaksi per minggu daripada jaringan Bitcoin. Selain itu, Starkscan melaporkan jaringan tersebut berada pada titik tertinggi sepanjang masa dalam hal TVL sebesar $5,2 juta.

Baca juga: 5 Altcoin Kapitalisasi Rendah yang Berpotensi Bullish

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.