$16 Juta Hilang dari Optimism! Harga Turun 50% dalam Seminggu

Naufal Muhammad

9th June, 2022

Walau baru saja melaksanakan peluncuran dan airdrop sekitar dua pekan yang lalu dan mengalami apresiasi harga signifikan, Optimism sudah terkenal masalah. 

Proyek yang berdiri sebagai layer dua Ethereum ini mengalami peretasan hanya dua pekan setelah mulai bergerak yang membuat hilangnya dana sebanyak $16 Juta. 

Optimism Kena Hack

Masa kejayaan Optimism (OP) terlihat berakhir dengan adanya peretasan yang membuat sekitar 20 Juta OP hilang dengan nilai sekitar $16 Juta. 

Peretasan ini terjadi melalui eksploitasi smart contract dimana peretas berhasil memanipulasi smart contract OP untuk mengambil token. 

Eksploitasi ini terjadi pada 26 Mei 2022 tapi baru dilaporkan kepada komunitas dan baru diketahui pada 8 Juni 2022. 

Tercatat bahwa pada 5 Juni 2022, terdapat sekitar $1,3 Juta dalam token OP yang dijual setelah peretasan terjadi. 

Selanjutnya pada 8 Juni 2022 tercatat bahwa sekitar $730 Ribu dalam Token OP dikirim ke wallet Ethereum Vitalik Buterin

Sisanya terlihat masih menetap di wallet peretas dan masih belum bergerak lagi. Kemungkinan dana akan dijual atau tokennya digunakan untuk mempengaruhi proses governance. 

Token OP adalah token asli dari Optimism yang merupakan sebuah jaringan yang bergerak untuk layer dua atau pembantu Blockchain Ethereum. 

Sebelumnya, 20 Juta OP yang diretas ini akan digunakan untuk dikirim ke Wintermute. Wintermute adalah sebuah proyek yang bertugas untuk menjaga likuiditas atau menjadi market maker agar transaksi bisa terus berjalan. 

Optimism sebelumnya ingin mengirim OP agar likuiditas transaksi OP terus terjaga, namun dalam proses pengiriman terjadi kerusakan. 

Pada awalnya Optimism melakukan uji coba dua kali dan berjalan lancar, tapi setelahnya terjadi pengiriman penuh yang mengalami kerusakan. 

Tim Wintermute menemukan bahwa mereka tidak bisa mengakses dana ini karena ternyata yang dikirim masih dalam layer satu Ethereum, sedangkan Optimism menggunakan layer duanya.  

Hasilnya karena lama diam di jaringan layer satu, peretas berhasil mengambil alih dan mengubah smart contract transaksi tersebut ke layer dua dan mengambil dana tersebut.  

Setelah Wintermute menyadari kesalahan ini, mereka langsung mencoba untuk memperbaikinya. Sayangnya semua sudah terlambat karena peretas sudah mengambil dana. 

Wintermute Disalahkan Komunitas 

Setelah kejadian ini, Wintermute membuat pernyataan terkait kejadian ini. Mereka menyatakan, 

“Seorang peretas berhasil mengambil alih smart contract sebelum proses perbaikan oleh tim dapat dilakukan dan berhasil mengambil alih 20 Juta OP.”

Wintermute juga mengambil tanggung jawab penuh atas kesalahan ini dengan membuat pernyataan pada 9 Juni 2022 di komunitas Optimism. Timnya menyatakan bahwa akan dilakukan pembelian kembali terhadap OP untuk menangani volatilitas. 

Selain itu, Wintermute juga membuat tawaran kepada peretas dimana mereka mau menyelesaikan masalah ini jika peretas mengembalikan 19 Juta OP dalam satu pekan ke depan. 

Tawaran ini terjadi saat peretas berhasil mengambil 19 Juta OP sebelum kemudian melanjutkan dengan mengambil 1 Juta OP kembali. 

Tanggapan dari komunitas terlihat positif karena Wintermute dianggap transparan dan bertanggung jawab karena kejadian ini. 

Optimism dikabarkan akan memberikan 20 Juta OP tambahan dalam rangka melanjutkan rencana sebelumnya walau dalam kondisi ini. 

Mereka juga menyatakan bahwa pemberian dana ini hanya sementara atau sekali saja karena ke depannya belum tentu Optimism terus mendukung melalui dana kepada Wintermute. 

Walau komunitas mayoritas positif saat ini juga terdapat tanggapan negatif dimana terdapat satu tuduhan.

Tuduhan tersebut adalah terkait Optimism yang bersifat terpusat atau tersentralisasi. Sebab, terdapat rumor bahwa Optimism akan melakukan pengubahan jaringan yang berarti Optimism memiliki kendali penuh dan tidak terdesentralisasi. 

Terdapat juga tuduhan bahwa peretasan dilakukan oleh pihak internal Wintermute karena cepat dan mudahnya peretasan ini.  

Apa pun tanggapannya, sayangnya akibat kejadian ini, harga OP mengalami penurunan hingga 50% melanjutkan depresiasinya sejak satu pekan terakhir. 

$16 Juta Hilang dari Optimism! Harga Turun 50% dalam Seminggu
Grafik Harian OPUSDT

Kabar baiknya saat ini OP sedang berusaha untuk pulih kembali namun belum memperlihatkan tanda positif untuk kembali naik. 

Kemungkinan kecil untuk harga kembali naik juga terlihat disebabkan oleh kondisi pasar crypto yang bergerak negatif.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.