Berita Altcoins · 5 min read

Axie Infinity Pump 200%, Ini Alasannya!

axie infinity pump 200%

Pergerakan market kripto masih belum membaik, namun di tengah itu harga token Axie Infinity (AXS) telah mengalami kenaikan hingga 200%. Lalu apa yang menjadi penyebabnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Harga Axie Pump karena Gocekan Whale

Pada 13 November 2022, harga token Axie Infinity, AXS mengalami kenaikan dari $6,33 menjadi $19,12 dalam hitungan menit. Namun, dengan cepat harganya kembali menurun dari angka tersebut karena investor segera keluar dari perdagangan untuk mengambil keuntungan. Harga AXS pun turun ke $3,99 dalam beberapa jam berikutnya. 

Grafik harga AXS dengan indikator RSI. Sumber: TradingView.

Sementara, volume perdagangan mengalami peningkatan pesat, indikator  RSI melihat momentum yang diikuti oleh pullback cepat.

Hingga saat ini, indikator tersebut masih berada di dekat zona oversold, menunjukkan tekanan bearish pada pasar. AXS diperdagangkan pada $6,96, dan mengalami penurunan lebih dari 5% dalam 24 jam terakhir. 

Jadi, yang terjadi pada rally harga yang kuat ternyata skenario dari pump and dump, di mana harga mengalami lonjakan besar dan kemudian segera turun setelah beberapa investor menjual token mereka untuk keuntungan besar.

Alasan di balik peristiwa ini ternyata terdapat whale yang melakukan pembelian token Axie Infinity dalam jumlah besar dari akun Binance, dan menyebabkan harganya melonjak, alasan ini diklaim oleh seorang pengguna Twitter bernama CarlosOMFG.

Baca Juga: Whale Bitcoin Borong Hampir $1 Miliar BTC!

Tentang Metrik Axie Infinity

Arus keseimbangan dari bursa AXS menunjukkan peningkatan arus masuk yang besar pada 13 November 2022, tak lama setelah harganya melonjak, dan hebatnya terdapat seorang whale yang membuang hampir tiga juta token dan keluar dari pasar. 

AXS Netflows | Source: Santiment

Entri menguatkan data kepemilikan dari bursa utama, menunjukkan peningkatan 3,4 juta AXS di Binance pada minggu lalu. Pada hari terakhir, terdapat 28.000 AXS lainnya masuk ke Binance.

AXS Holdings di bursa teratas | Sumber: Santiment

Melihat statistik pemegang untuk Axie Infinity menunjukkan bahwa 100 pemegang AXS teratas memegang 99,41% dengan investor yang lebih kecil memiliki pasokan 0,59%, masalah yang sama untuk harga AXS, dilansir dari Beincrypto, Kamis (17/11/2022).

Statistik Pemegang. Sumber: CoinMarketCap

Meski demikian, harga AXS turun ke 94,71% dari level tertinggi sepanjang masa dan dengan pasokan yang tampak agak terkonsentrasi, aksi harga tampaknya didorong oleh whale.

Untuk harga AXS, ke depan, masuknya retail atau kepercayaan tinggi dari whale bisa menjadi kunci kenaikan harga. Namun, aksi jual baru-baru ini semakin memukul harga AXS, dan pemulihan bisa memakan waktu lama. 

Angka $6,30 dapat bertindak sebagai support selanjutnya. Jika terdapat pergerakan naik, AXS dapat menargetkan level harga $7,50. 

Baca Juga: Cara Untung dari AXS Saat Harganya Diprediksi Turun 50%

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.