Token ASIX Tidak Masuk Uji Kelayakan Aset Crypto

Nabiila Putri Caesari

16th August, 2022

Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengungkap token ASIX milik Anang Hermansyah belum masuk ke 383 jenis aset kripto yang terdaftar dalam Peraturan Bappebti (Perba) Nomor 11 Tahun 2022.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar, Tirta Karma Sanjaya.

“Asix belum masuk 383 aset kripto legal. Ke depannya koin yang belum masuk bisa diusulkan kembali. Dengan melakukan perbaikan sesuai dengan kriteria di peraturan Bappebti,” kata Tirta di kantor Bappebti, Senin (15/8/2022).

Tirta juga menjelaskan pihaknya telah menyetujui 222 aset kripto baru untuk diperdagangkan. Jumlah tersebut berasal dari 300an lebih aset kripto yang mengajukan pendaftaran. Adapun ASIX termasuk ke dalam 300-an kripto yang mendaftar.

Baca juga: Bappebti Keluarkan Peraturan Baru! Jaga Keamanan Investor

ASIX Masih Punya Kesempatan

Meski token tersebut tidak masuk dalam daftar aset yang legal diperdagangkan, ASIX masih memiliki peluang untuk mengajukan banding dan memenuhi ketentuan serta kriteria yang ditetapkan Bappebti.

Penilaian aset kripto yang legal diperdagangkan ini melibatkan beberapa pihak yakni Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (ASPAKRINDO) hingga Asosiasi Blockchain Indonesia.

“Pada tahap penilaian AHP (Analytical Hierarchy Process) tidak masuk, sehingga ASIX sendiri belum masuk ke 383 kripto legal,” ujar Tirta dalam konferensi pers, Senin (15/8) dilansir dari CNN.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko menyebut token selebritas tanah air itu bahkan belum pernah terdaftar dari deretan aset kripto yang disetujui sebelumnya.

“Jadi token ASIX bukan termasuk di 229 awal. Dia ada pada pendaftar baru ada 300 sekian yang baru mengusulkan penilaian dan yang memenuhi 222 tetapi tidak termasuk token ASIX tadi itu,” ucap Didid.

Didid juga menambahkan bahwa ia mendorong pelaku usaha aset kripto lokal untuk berkreasi dalam membuat token. Salah satunya terdapat 10 token lokal yang sudah lolos penilaian Bappebti dan sejumlah asosiasi kripto.

Baca juga: Degree Crypto Token Masuk Daftar Aset Kripto Legal di Indonesia

  • Ana Coin
  • Cindrum
  • Degree crypto token
  • RupiahToken.
  • KunciKoin
  • Livepeer
  • Shill Token
  • PTU Token
  • Tokenomy
  • Toko Token

Sedikit informasi, Anang merupakan salah satu pelopor di kalangan musisi Indonesia yang menekuni dunia crypto dan NFT. Papeluncuran token ASIX pun sempat menjadi trending topic di Twitter Indonesia. Saat penulisan, token ASIX senilai $0.000000007809 berdasarkan data CoinGecko

Nabiila Putri Caesari

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.