Bisnis · 7 min read

5 Tips Bisnis Kripto Sukses dari CEO Nansen

5 Tips Bisnis Kripto Sukses dari CEO Nansen  

Pada acara Token2049, Coinvestasi mengikuti sesi spesial dengan CEO dari Nansen, Alex Svanevik. 

5 Tips Bisnis Kripto Sukses dari CEO Nansen  

Dalam sesi tersebut, ia memberikan lima tips untuk para pebisnis kripto agar sukses saat baru ingin mendirikan bisnisnya sendiri. 

Jangan Terlalu Cepat Jual Token atau Koin

Tips pertama yang diberikan adalah jangan terlalu cepat menjual token atau koin saat baru mendirikan proyek atau perusahaan kripto. 

Baca juga: Jangan Keliru! Ini Perbedaan Token dan Koin Kripto

Ia menyatakan hal tersebut dengan maksud untuk mengajak pendiri proyek baru untuk memahami seluruh rencana dan infrastruktur aplikasi atau jaringan yang ia bikin di dunia kripto sehingga tidak hanya mengincar keuntungan dari penjualan token atau kripto. 

Menurutnya banyak pebisnis atau pendiri proyek kripto baru yang terlalu semangat untuk menjual token atau koin yang ia bentuk hanya demi mendapatkan uang yang awalnya diniatkan untuk membangun proyeknya. 

Tapi setelah mendapatkan uang, banyak pendiri atau pebisnis kripto baru yang merasa terlena dengan uang yang didapatkan sehingga menghabiskannya untuk hal yang kurang penting untuk bisnisnya atau bahkan untuk urusan di luar bisnisnya. 

Bangun Infrastruktur Teknologi Kuat 

Tips kedua adalah untuk fokus ke infrastruktur teknologinya yang kuat agar tidak mudah terkena peretasan atau eksploitasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Pernyataan ini merujuk pada banyaknya kasus peretasan di dunia kripto yang disebabkan oleh banyaknya pendiri proyek yang terlalu cepat untuk mempublikasi proyeknya tanpa melakukan uji coba keamanan yang teliti. 

Selain itu menurutnya banyak proyek yang terlalu menjual mimpi dan iklan sehingga lupa terhadap aspek yang juga penting yaitu aplikasi atau jaringan yang lancar dengan keamanan yang tinggi. 

Bentuk Produk dengan Permintaan Pasar Jelas

Tips ketiga adalah bentuk produk yang memiliki permintaan pasar secara jelas. Ia menekankan tips ini dengan menyatakan sebuah kalimat menarik. 

“Saat ini banyak pendiri yang membuat solusi terhadap masalah yang sebenarnya tidak ada,” ujarnya. 

Ia merujuk pada banyaknya pendiri proyek yang membuat proyek kripto semata-mata hanya untuk mengikuti fenomena baru atau hanya menduplikasi proyek yang sudah ada tanpa memberi inovasi baru. 

Jika dibangun dengan sudut pandang tersebut, maka terdapat kemungkinan yang sangat kecil untuk proyek itu bisa sukses dan token atau koinnya bisa mengalami apresiasi harga dalam jangka panjang. 

Ini juga berhubungan dengan permintaan pasar, dimana ia menekankan bahwa pendiri harus membentuk proyek yang benar dibutuhkan oleh pasar atau menyelesaikan suatu masalah yang ada di dunia kripto. 

Sebab, jika ada permintaan atau ada permasalahan yang diselesaikan, volume pengguna dan transaksi di proyeknya kemungkinan akan naik, karena proyeknya benar digunakan oleh pelaku pasar kripto. 

Pastikan Model Bisnis Kripto Memiliki Penghasilan Jangka Panjang

Tips keempat adalah memastikan bahwa model bisnis yang dilakukan adalah model bisnis yang menghasilkan uang dalam jangka panjang. 

Menurutnya saat ini banyak pemilik proyek yang tidak memikirkan arus kas atau pendapatan dari sebuah proyek karena terlalu bergantung pada investasi luar seperti dari perusahaan modal ventura untuk menyelamatkan mereka. 

Baca juga: Ini Sektor Crypto Pilihan Perusahaan Modal Ventura!

Ia menyatakan bahwa seharusnya seorang pemilik proyek memikirkan alur kas dan pendapatan dalam jangka panjang di awal sebelum mulai beroperasi dengan membentuk rencana yang jelas. 

Jadi walau di awal mengalami kerugian, dalam jangka panjang pemilik proyek harus memikirkan pendapatan bahkan keuntungan.  

Cari Pendanaan Lebih dari Kebutuhan Perusahaan

Tips terakhir adalah cari pendanaan lebih dari yang dibutuhkan oleh proyek yang ingin didirikan. 

Ia menyatakan bahwa untuk meningkatkan ukuran perusahaan, pasti akan ada permintaan dalam bentuk investasi dari pihak eksternal. 

Menurutnya bagi pemilik perusahaan yang ingin mencari dana, meminta dari yang dibutuhkan adalah suatu hal yang perlu dilakukan untuk membesarkan perusahaan. 

Sebab, dengan mendapatkan dana lebih, perusahaan bisa mengakomodir adanya beberapa hal yang di luar kendali sehingga tetap dapat tumbuh lebih besar setelah mendapatkan pendanaan. 

Lima tips ini ia tujukan kepada individu yang baru ingin membentuk proyek atau bisnis kripto baru sehingga mendapatkan awal yang lebih lancar dari pebisnis sebelumnya. 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.