Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Altcoins · 5 min read

Tingkat Inflasi AS Turun, Pasar Kripto Menghijau

bitcoin dominance

Tingkat inflasi AS di bulan April 2024 mengalami penurunan menjadi 3,4% berdasarkan laporan CPI bulan ini (15/5/24). Pasar kripto merespons positif setelah laporan dikeluarkan, dengan Bitcoin (BTC) mengalami kenaikan hingga ke harga US$66.000.

Inflasi AS Turun, Pasar Kripto Menguat

Berdasarkan laporan CPI AS kemarin malam pukul 19.30 WIB (15/5/24), tingkat inflasi AS mengalami penurunan hanya 0,1% dari 3,5% menjadi 3,4%, sesuai dengan prediksi para ekonom.

inflasi AS
Gambar: Tabel rekam laporan CPI AS. Sumber: Investing.com.

Menurunnya tingkat inflasi ini direspons positif oleh pasar kripto, dengan valuasi pasar kripto meningkat sekitar US$110 miliar sejak laporan CPI diterbitkan.

Bitcoin (BTC) sempat menyentuh harga tertinggi lokal di US$66.670, dan per artikel ini dibuat (16/5/24), BTC diperdagangkan pada harga US$65.930 dengan kenaikan 5,3%.

Gambar: Top gainer dari top 100 marketcap. Sumber: Coinmarketcap.

Sebagian besar altcoin dengan kapitalisasi top 100 terbesar berdasarkan data Coinmarketcap, juga mengalami kenaikan dalam periode 24 jam terakhir. Top 5 terbaik adalah Fantom (FTM, 21,95%), ImmutableX (IMX, 15,74%), Near Protocol (NEAR, 16,37%), BEAM (16,83%), dan Akash Network (AKT, 15,53%).

Baca juga: Harga Bitcoin Sempat Turun Di Bawah US$57 Ribu, Suku Bunga AS Tetap

Peluang Pemangkasan Suku Bunga Masih Kecil

Meskipun tingkat inflasi AS berhasil mengalami penurunan, tetapi peluang suku bunga AS akan mengalami penurunan di pertemuan FOMC mendatang (12/6/24) masih sangat kecil.

Gambar: Diagram batang peluang nilai suku bunga AS FOMC Juni. Sumber: CME Watchtool.

Hanya terdapat peluang 2,7% untuk suku bunga AS mengalami penurunan sebesar 25 basis poin. Peluang sisanya, 97,3% menyatakan bahwa suku bunga AS akan tetap di 5,50%. Dalam hal ini, The Fed tampak masih ingin waktu yang lebih lama untuk mengamati perkembangan tingkat inflasi.

Peluang baru menunjukkan keberpihakan terhadap penurunan suku bunga pada pertemuan FOMC 18 September 2024. Dengan kata lain, kemungkinan pasar kripto akan melihat pergerakan naik yang signifikan di kisaran bulan September 2024 nanti. Namun perlu diperhatikan bahwa ini adalah data peluang sementara dan dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi nyata yang ada.

Baca juga: Suku Bunga AS Tetap, Harga Bitcoin Naik ke US$67 Ribu

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.