Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Industri · 8 min read

Tiktok China Douyin Rilis Fitur Pencarian Bitcoin!

Tiktok China

Douyin adalah platform media sosial yang juga dikenal sebagai “TikTok China”. Media sosial tersebut baru-baru ini meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk memantau pergerakan harga Bitcoin (BTC) secara real time di kolom pencarian.

Fitur ini mirip dengan yang telah dihadirkan Twitter pada Desember 2022 bernama Chastags, yang juga bisa melacak pergerakan harga sejumlah aset kripto.

Baca Juga: RUU “Anti TikTok” di AS Diprediksi Bisa Jerat Kripto, Ini Penjelasannya!

Mengenal Douyin, TikTok China

Douyin dan TikTok adalah dua aplikasi media sosial yang dimiliki oleh perusahaan yang sama, yaitu ByteDance.

Pada Februari 2023, pengguna Douyin mencapai jumlah pengguna aktif harian (DAU) 715 juta orang, hampir lebih dari 50% penduduk China secara keseluruhan.

Jumlah pengguna yang besar dan terus meningkat, membuat Douyin telah menjadi salah satu platform media sosial terbesar dan paling berpengaruh di Tiongkok.

Dominasi Douyin
Sumber: Caixin

Douyin pertama kali diluncurkan pada bulan September 2016 untuk pasar China, sedangkan TikTok diluncurkan pada bulan September 2017 untuk pasar internasional termasuk di Amerika Serikat.

Data pengguna Douyin
Sumber: Marketing to China

Meskipun keduanya memiliki fitur dan fungsi yang serupa, keduanya menawarkan konten yang berbeda untuk pasar dan pengguna yang berbeda.

Bytedance membuat dua aplikasi terpisah untuk menghindari masalah regulasi konten di China. Jika Douyin memperluas konten di luar China, mereka akan diblokir di dalam negeri.

Pengguna Douyin berasal dari berbagai kalangan, mulai dari guru di pedesaan hingga pekerja yang kehilangan pekerjaan dan mencari nafkah melalui streaming langsung di aplikasi ini.

Terlepas dari regulasi ketat pemerintah China terhadap industri kripto, peluncuran fitur ini menunjukkan peningkatan minat terhadap mata uang kripto di kalangan perusahaan publik maupun swasta.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.