CleanNFT Tezos Ada di Pameran Seni India 2022

Anisa Giovanny

17th June, 2022

Tezos India, organisasi terkemuka yang mempromosikan blockchain Tezos di India dan BeFantastic, platform TechArt yang berasal dari Bangalore pada tahun 2017, baru-baru ini bergabung untuk membawa dunia CleanNFT dan seni digital ke Pameran Seni India 2022.

NFT yang dicetak di Tezos dipamerkan di stan eksklusif dan dipasang di layar format besar. Karya NFT yang ramah lingkungan itu pun berhasil menarik semua orang mulai dari seniman pemula hingga kolektor dan publik yang penasaran. 

Menurut Poorvi Sachar dari Tezos India, kemitraan dengan BeFantastic dan masuknya seniman NFT Tezos yang baru muncul sebagai bagian dari pameran adalah langkah awal Tezos India untuk mengenalkan seniman digital berbakat ke blockchain Tezos. 

“Kami fokus untuk mengaktifkan sponsorship seni, kurasi lokakarya, dan bermitra dengan platform yang memungkinkan seniman, kurator, dan kolektor untuk terlibat dan berkembang”, kata Sachar.

Pendidikan NFT Melalui Interaksi  

Kegiatan tersebut disertai dengan berbagai fitur interaktif dimana pengunjung bisa lebih dekat dengan dunia NFT dan artis. “A Selfie with Van Gogh NFT” memungkinkan pengunjung untuk berswafoto dengan potret Van Gogh/

Sementara itu pengunjung juga dapat memenangkan karya NFT asli, termasuk Whale Tales karya seniman Arnab Chakravarty (AS), Nikita Teresa Sarkar (India), Padmanabhan J (India ), Sayak Shome (India) & Uma Khardekar (India).

Whales Tales adalah proyek seni yang menggunakan citra yang dihasilkan AI untuk secara interaktif menyajikan cerita tentang peran paus dalam mengurangi perubahan iklim.

Demikian pula, pada tema perubahan iklim, pengalaman online interaktif berjudul Earthling Meditations oleh seniman A. Morgan McKendry (AS), Edward Hutchins (Singapura), dan Liactuallee (India), bertindak sebagai alat untuk bermeditasi dan secara kolektif mengeksplorasi perasaan yang kompleks tentang perubahan iklim.

Karya ini didasarkan pada praktik kontemplatif yang berpusat di sekitar alam, perhatian, dan komunitas untuk memacu aksi iklim.

Proyek-proyek tersebut juga disertai dengan dialog berjudul Neural Networking dan NFTease, yang membahas tentang bagaimana Artificial Intelligence dan blockchain memengaruhi seni dan budaya.

Presiden Tezos India Om Malviya, dengan Aparajita Jain, Direktur Nature Morte, Pendiri Terrain.art,  Raghava KK (Artis) dan Vasundhara Das, Aktor, Musisi dan Pencipta Radbot, pun ikut ambil bagian dalam NFTease.

NFTease adalah panel yang membahas beberapa pertanyaan menarik tentang kebangkitan NFT dan bagaimana sektor yang berkembang berinteraksi dengan ekonomi seni tradisional dan kehidupan sehari-hari masyarakat .

Baca juga: Superstar Xchange dan Tezos India Luncurkan NFT Film Jhund

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency