Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Industri · 8 min read

Tether Dominasi Stablecoin, Valuasi Hampir US$100 Miliar

Dominasi Tether

Tether (USDT) menunjukkan dominasinya di pangsa pasar stablecoin dengan valuasi hampir menyentuh US$100 miliar, sekitar 69,69% dari total keseluruhan valuasi stablecoin.

Tether Perkuat Dominasi Pangsa Pasar Stablecoin

Pada 3 Januari 2023, penasehat strategi VanEck, Gabor Gurbacs, kembali menegaskan dukungannya terhadap Tether.

Marketcap USDT berada di bawah US$100 juta pada musim semi 2017 ketika saya memberi tahu Wall Street bahwa Tether memiliki potensi untuk mencapai US$100 miliar,” ungkap Gurbacs.

Per artikel ini ditulis (4/1/24), USDT memiliki valuasi sebesar US$92 miliar, hanya memerlukan 8,7% peningkatan valuasi untuk mencapai US$100 miliar. Sejak awal tahun 2018 yakni enam tahun yang lalu, kapitalisasi pasar Tether telah tumbuh sebanyak 6.560%.

Tether telah mendapatkan keuntungan dari hasil tinggi pada obligasi Departemen Keuangan AS dan menggunakan sebagian dari keuntungannya untuk membeli Bitcoin.

Menurut laporan cadangan, 85,7% dari cadangan Tether adalah kas dan setara kas serta deposito jangka pendek. Dari jumlah ini, 76,4% adalah obligasi Departemen Keuangan AS, 11% adalah perjanjian repurchase overnight, dan 11% dana pasar uang.

theter stablecoin
Gambar: Marketcap stablecoin. Sumber: Coinmarketcap

Stablecoin saat ini mewakili 7,2% dari total kapitalisasi pasar kripto dengan US$131,3 miliar. Tether mendominasi pangsa pasar stablecoin dengan dominasi pasar 69,69%. Selama 12 bulan terakhir, supply-nya tumbuh sekitar 40%.

Sementara saingan terdekat, USDC dari Circle mengalami penurunan supply sebesar 44% selama setahun terakhir, mencapai level terendahnya sejak Juni 2021. Hanya ada US$24,9 miliar setara USDC yang beredar dengan pangsa pasar 18,9%.

DAI dari MakerDAO adalah stablecoin terbesar ketiga dengan setara US$5,3 miliar beredar, dan TrueUSD (TUSD) berada di posisi keempat dengan setara US$2,3 miliar yang beredar.

Baca juga: Tether (USDT) Alokasi 7,7 Triliun Rupiah untuk Mining Bitcoin

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.