ETF Bitcoin · 8 min read

Terungkap! Banyak Hedge Fund Top Dunia Investasi ETF Bitcoin Spot

etf bitcoin spot

Pengajuan 13f menunjukan banyak perusahaan investasi yang melakukan diversifikasi investasi dengan membeli ETF Bitcoin Spot, (14/5/2024). 


Millennium Management dilaporkan telah mengalokasikan US$2 miliar untuk membeli ETF Bitcoin spot pada awal 2024. Kepemilikan ETF Bitcoin spot Millenium ini mewakili sekitar 3% dari aset yang dikelola (AUM) hedge fund yang bernilai US$64 miliar. 

Dipimpin oleh tokoh Wall Street Israel Englander, Millennium Management telah secara strategis mendiversifikasikan portofolio ETF Bitcoinnya ke lima dana terkemuka, yaitu: US$844,2 juta pada IBIT BlackRock, US$806,7 juta pada FBTC Fidelity, US$202 juta pada GBTC Grayscale, US$45,0 juta pada ARKB Ark, dan US$44,7 juta pada BITB Bitwise.

Menurut data Fintel, kedua dana tersebut memiliki investasi IBIT dan FBTC terbesar, dengan Millenium pertama di setiap kategori dan Schonfeld kedua.

Millenium juga menempati peringkat di antara 10 pemegang terbesar untuk setiap investasi ETF Bitcoin spot lainnya. Millenium memiliki aset yang dikelola (AUM) sebesar $69 miliar pada akhir tahun 2023, sementara Schonfeld memiliki AUM sebesar US$13 miliar.

Baca juga: Hong Kong Setujui ETF Bitcoin Spot, Harga Kripto Respon Positif

Banyak Perusahaan New York Beli ETF Bitcoin Spot

Firma penasihat New York Pine Ridge Advisers mengungkapkan investasi senilai US$205,8 juta pada ETF Bitcoin spot, yang terdiri dari US$83,2 juta pada IBIT BlackRock, US$93,4 juta pada FBTC Fidelity, dan US$29,3 juta pada BITB Bitwise. 

Manajer dana lindung nilai yang berbasis di New York, Boothbay Fund Management, mengungkapkan eksposur US$377 juta ke ETF Bitcoin spot, terdiri dari US$149,8 juta di IBIT, US$105,5 juta di FBTC, US$69,5 juta di GBTC, dan US$52,3 juta di BITB.

Selain itu, manajer aset alternatif Aristeia Capital Llc juga mengungkapkan US$163,4 juta di IBIT pada 15 Mei, sementara perusahaan investasi yang berbasis di Connecticut Graham Capital Management mengungkapkan US$98,8 juta di IBIT dan US$3,8 juta di FBTC dan manajer dana lindung nilai Crcm Lp mengungkapkan US$96,6 juta di IBIT. Manajer investasi New York Fortress Investment Group LLC mengungkapkan US$53,6 juta di IBIT.

CIO Bitwise Matt Hougan memperkirakan bahwa lebih dari 700 perusahaan profesional akan menginvestasikan total hampir US$5 miliar pada batas waktu 15 Mei. Namun, dia menekankan bahwa investasi ritel bertanggung jawab atas sebagian besar aset spot Bitcoin ETF.

Semua 10 ETF Bitcoin spot yang tersedia memiliki aset gabungan yang dikelola sebesar US$53 miliar dan arus masuk kumulatif sebesar US$12 miliar.

Baca juga: Bursa Saham Australia Dilaporkan Beri Lampu Hijau untuk ETF Bitcoin Spot

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.