Berita Altcoins · 5 min read

Terra Classic (LUNC) Naik 450%, Ini Penyebabnya!

Terra Classic (LUNC) Naik 450%, Ini Penyebabnya

Layanan staking Terra Classic dan fitur burn token dianggap membantu mendorong kenaikan LUNC saat ini.

Pada dua pekan awal September 2022, Terra Classic (LUNC) telah mengungguli semua cryptocurrency peringkat teratas dengan memperoleh kenaikan mengesankan dalam tujuh hari terakhir.

Luna Classic diketahui telah naik lebih dari 250% pada September dengan harga terbaiknya yang berada di $0,000594 pada 8 September, setelah alami kehancuran harga di Mei 2022.

Baca juga: Ada Apa dengan Terra Luna? Ini Penjelasannya

Layanan Staking Picu Kenaikan LUNC

Layanan staking LUNC yang terbit pada 27 Agustus dianggap menjadi katalisator bagi kenaikan harga ini.

Menurut laporan dari LuncStaking_Bot, pengguna telah mempertaruhkan lebih dari 610 miliar LUNC Terra Classic terhadap pasokan bersihnya sebesar 6,9 triliun unit. Dengan kata lain, hampir 9% dari total pasokan LUNC telah dihapus dari peredaran.

Berdasarkan data dari Staking Rewards menunjukkan bahwa Staking Terra Classic memberikan imbal hasil tahunan 37,8%, dan itu menjadi salah satu pembayaran tertinggi di industri crypto.

Imbal hasil tersebut diprediksi dapat memainkan peran kunci dalam meningkatkan permintaan LUNC, mendorong harga token naik lebih dari 450% sejak peluncuran layanan staking, seperti yang ditunjukkan pada grafik di bawah ini.

Grafik LUNC. Source: TradingView

Pengenalan Mekanisme Burn Token

Selain ada layanan staking, tim developer Terra Classic juga telah memperkenalkan mekanisme pembakaran token untuk meningkatkan kelangkaan LUNC.

Salah satunya, anggota komunitas LUNC, Edward Kim yang mengusulkan untuk mengadakan pajak transaksi 1,2% pada transaksi on-chain LUNC di awal september.

Dari proses pajak yang dibuat ini nantinya akan berakhir di “dead address”, sehingga secara permanen menghapus sebagian pasokan LUNC dari peredaran.

Selain itu, hal yang menjadi pusat perhatiannya adalah mekanisme pembakaran LUNC sudah ada dan secara permanen menghapus lebih dari 3,6 miliar token dari peredaran, menurut data LUNC Burner.

Risiko Kedepannya

Meskipun demikian, indikator teknis tertentu menunjukkan bahwa kenaikan pesat dari harga LUNC berisiko terkoreksi dalam waktu dekat. Ini termasuk indeks kekuatan relatif harian (RSI), yang melewati 90 pada 8 September, dan level yang sangat overbought yang biasanya diikuti oleh koreksi harga.

Grafik LUNC. Source: TradingView

Sementara, kenaikan LUNC baru-baru ini disertai dengan volume yang lebih rendah, dan menunjukkan kenaikan rally harga yang tidak tahu terjadi sampai kapan.

Baca juga: Bisakah Luna Classic Kembali ke $1? Ini Jawabannya

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.