Berita Altcoins · 7 min read

Bisakah Luna Classic Kembali ke $1? Ini Jawabannya

Bisakah Luna Classic Kembali ke $1

Luna Classic berencana untuk menerapkan mekanisme baru pembakaran pajak transaksi 1,2%. Penerapan sistem burn ini menyebabkan LUNC melonjak lebih dari 171% selama seminggu terakhir. Melihat hasil tersebut, komunitas Terra Classic berencana untuk mulai membakar lebih banyak LUNC, tetapi para trader harus tetap berhati-hati. 

Bangkitkan Terra Classic

Ketika stablecoin UST runtuh pada bulan Mei, Do Kwon, CEO Terraform Labs, dengan segera membangun blockchain Terra baru dan blockchain lama berubah namanya menjadi Luna Classic atau LUNC. Namun sejak keruntuhan Terra yang terlalu dini, upaya untuk menghidupkan kembali blockchain berkembang secara lambat.

Meski demikian pengajuan proposal di bulan Juni untuk mulai membakar sebagian dari biaya transaksi Terra Classic dan meningkatkan hadiah validator menunjukkan bahwa masih ada motivasi untuk mengembangkan chain meskipun ditinggalkan oleh Terraform Labs.

Berkat Dukungan Komunitas

Proposal lainnya juga untuk dapat memulai sistem burning 1,2% dari semua token yang ditransaksikan bahkan disetujui oleh komunitas, meskipun rincian tentang bagaimana ide tersebut dapat diterapkan tidak ada.

Sementara itu, LUNC koin asli Terra Classic tetap mengalami volatilitas meski tingkat likuiditasnya yang rendah. Seperti yang sering terjadi pada token kripto yang diperdagangkan dengan harga sepersekian sen, harapan muncul bagi LUNC untuk tetap berdagang dengan nilai satu sen bahkan lebih satu dolar. Langkah seperti itu akan menempatkan kapitalisasi pasar LUNC dalam triliunan.

Saat ini, usul proposal terbaru dari anggota komunitas Terra Edward Kim telah membantu menghidupkan kembali antusiasme untuk Terra Classic. Proposal Kim mengedepankan jalur yang dapat ditindaklanjuti untuk menerapkan pajak pembakaran 1,2% pada semua transaksi on-chain.

Dalam postingannya di forum Terra Classic, ia menjelaskan kemungkinan pro dan kontra dari pembaruan semacam itu dan mengundang diskusi dari anggota komunitas lainnya. Sebagai tanggapan, LUNC telah mencapai puncak lokal baru, diperdagangkan pada level tertinggi sejak keruntuhan pada Mei.

Dapat Uang dari Bakar Token?

Ketika pasokan sesuatu berkurang, tetapi permintaan tetap sama, maka harga yang bersedia dibayar orang akan meningkat.

Bukan kebetulan bahwa banyak proyek crypto yang paling populer dan diadopsi secara luas menggabungkan mekanik pembakaran ke dalam tokennomics mereka.

Misalnya seperti, Shiba Inu yang secara rutin membakar sebagian pasokannya, dan BNB Binance juga melakukan pembakaran token triwulanan.

Baca juga: Bakar 745 Juta Token, Burn Rate Shiba Inu Naik 6.700%

Namun dalam banyak kasus, membakar token tidak banyak mempengaruhi metrik penawaran dan permintaan yang sebenarnya. Dalam kasus BNB, hampir semua yang dibakar berasal dari cadangan token yang dimiliki bursa sejak diluncurkan.

Hal itu menjadi berita bagus ketika Binance menggembar-gemborkan telah membakar BNB senilai jutaan dolar, tetapi pada kenyataannya, token itu tidak pernah beredar. Maka, tidak mengherankan bahwa peristiwa semacam itu secara historis gagal memengaruhi harga BNB.

Perlu diingat bahwa apa yang dicapai oleh token burn adalah menciptakan narasi yang kuat yang bahkan dapat dipahami dan diikuti oleh investor crypto paling pemula sekalipun. Tidak masalah apakah mekanisme pembakaran akan secara signifikan menyusutkan pasokan token dan mendorong harga naik.

Dengan meningkatkan cukup banyak token, harga akan sering naik karena orang membeli untuk mengantisipasi pengurangan pasokan yang dirasakan.

Bagaimana dengan Luna Classic?

Perencanaan tentang pajak pembakaran token yang direncanakan kemungkinan tidak akan menghasilkan apa-apa selain menciptakan narasi yang sangat baik untuk menarik investor yang naif. Bahkan sebagian besar perdagangan LUNC terjadi di bursa terpusat seperti Binance, Kucoin, dan Gate.io. 

Walaupun jika komunitas Terra Classic berhasil menerapkan pajak pembakaran 1,2% pada transaksi, hanya sebagian kecil dari LUNC yang akhirnya akan terbakar. 

Sementara banyak anggota komunitas LUNC telah mengajukan petisi kepada bursa seperti Binance untuk menerapkan pajak pembakaran, namun tampaknya sangat tidak mungkin ada keinginan. 

Selain itu, sejak Terra Classic mengaktifkan kembali staking pada awal tahun ini, pemegang besar dan validator telah memanfaatkan hadiah staking yang sangat besar. Sebab hanya sedikit orang yang sulit mendelegasikan LUNC mereka ke validator sejak proyek runtuh, dengan menghasilkan pengembalian tahunan rata-rata lebih dari 37%.

Sementara itu, beberapa komunitas percaya bahwa pembakaran token Luna Classic yang akan datang dapat menyusutkan pasokan dan menaikannya ke satu dollar. Jika ada mereka yang saat ini terlibat tampaknya lebih melihatnya sebagai hobi daripada investasi serius. 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.