Berita Industri · 7 min read

Telegram Luncurkan Stars, Token Khusus untuk Transaksi Digital dalam Aplikasi

Platform perpesanan Telegram telah meluncurkan Telegram Stars, sebuah token yang dirancang untuk pembelian layanan atau barang digital di dalam aplikasi.

Menurut postingan pada Kamis (6/6/2024), CEO Telegram Pavel Durov mengatakan bahwa Telegram Stars memungkinkan aplikasi mini di platform seperti Notcoin atau Hamster Kombat menerima pembayaran untuk layanan digital dengan metode yang lebih sederhana. 

Baca juga: Telegram Berencana Ubah Stiker dan Emoji Menjadi NFT di TON

Telegram Stars untuk Pembelian Barang Digital

Telegram Stars bertujuan untuk menawarkan aliran pendapatan baru bagi pengembang dan memperkaya pengalaman pengguna. Token ini dapat digunakan untuk membeli berbagai barang digital yang ditawarkan oleh bot Telegram, seperti e-book, item in-game, hingga kursus online. Adapun pengguna dapat memperoleh Stars melalui pembelian dalam aplikasi di iOS, Android, atau melalui PremiumBot.

“Pengembang aplikasi mini dapat menarik Stars mereka melalui Fragment menggunakan Toncoin (TON). Mereka juga dapat menggunakan Stars untuk mempromosikan aplikasi mereka lebih lanjut di Telegram,” kata Durov.

Telegram Stars dibuat dengan mematuhi kebijakan penjualan produk digital dari Apple dan Google. Kedua perusahaan akan mengambil komisi 30% ketika pengguna membeli Stars dari mereka. Namun, Telegram akan mensubsidi iklan yang dibeli dengan Telegram Stars, sehingga jika pengembang menginvestasikan kembali Stars untuk promosi aplikasi mereka, komisi keseluruhan menjadi hampir 0%.

Menurut Telegram, pembaruan ini menandai langkah awal untuk Telegram Stars. Pembaruan di masa mendatang diharapkan akan memperkenalkan fitur dan fungsi tambahan, seperti imbalan untuk pembuat konten dan banyak lagi. Inisiatif ini kemungkinan akan memperluas jenis bisnis yang dapat berkembang di platform Telegram.

Saat ini, lebih dari 400 juta dari 900 juta pengguna Telegram berinteraksi dengan bot dan aplikasi mini Telegram setiap bulannya.

Baca juga: Mengenal Notcoin (NOT), GameFi di Jaringan TON

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.