Techpay Sukses Lakukan Finalitas Transaksi Hampir 500 Milidetik

Anisa Giovanny

20th June, 2022

Proyek blockchain layer satu Techpay atau TPC telah sukses menangani lebih dari 300 ribu transaksi per detik dengan waktu akhir 504 milidetik.

Hasil ini menjadikannya sebagai blockchain pertama yang berhasil meriah catatan waktu finalitas transaksi sub-kedua secara real time

Finalitas transaksi mengacu pada waktu yang dibutuhkan untuk menganggap transaksi dikonfirmasi dan tidak dapat diubah di Blockchain.

Baca juga: Blockchain, Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Kemampuan transaksi secara real time dari di TechPay chain dapat diverifikasi di mainnet dan testnet TechPay. Pengguna juga dapat menambahkan TechPay mainnet ke metamask dengan mencari TPC di Chainlist.org.

Transaksi cepat ini menurut Techpay tidak lepas dari mekanisme konsensus Practical Byzantine Fault Tolerance) dan DAG (Directed Acyclic Graph), yang memungkinkan proyek untuk memvalidasi transaksi dengan kepastian yang lebih besar.

Sementara beberapa jaringan memungkinkan transaksi dibalik karena finalitas probabilistik, kejadian seperti itu tidak mungkin terjadi di jaringan Techpay karena arsitekturnya yang tanpa pemimpin, membuat keamanan menjadi lebih besar.

Proyek ini pun berusaha untuk mengatasi masalah trilema Blockchain, yaitu bahwa Blockchain tidak dapat memanfaatkan desentralisasi, skalabilitas, dan keamanan.

Menurut Techpay masalah ini bisa diatasi dengan penggabungan yang optimal. Proyek ini juga menghilangkan risiko sentralisasi Blockchain dihilangkan karena frekuensi transaksi meningkat di antara setiap pecahan. 

Pemanfaatan Energi sangat berkurang karena energi hashing tidak diperlukan untuk memasuki blok berikutnya. TechPay Coin menggunakan kira-kira 40 juta kali lebih sedikit daripada Bitcoin.

Proyek ini juga kompatibel dengan Cosmos SDK dan Ethereum Virtual Machine (EVM), menjadikannya salah satu sidechain paling serbaguna di pasar.

Techpay Coin Ada di MEXC Global

Aset kripto dari proyekl ini pun sudah tersedia di bursa MEXC global, sebelumnya, Techpay coin juga mendapatkan perhatian besar setelah merilis peluncuran jembatan lintas rantai Bi-Directional dengan Binance smart Chain. Proyek ini akan hadir di acara Crypto Expo Asia di Singapura pads 22-23 Juni 2022.

Baca juga: TechPay Coin Akan Terdaftar di MEXC Global

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency