Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Altcoins · 6 min read

Survei Chainplay: Mayoritas Investor Sebut Meme Coin Penipuan dan Perjudian

Meme coin

Beberapa tahun ke belakang sektor meme coin berkembang pesat berkat dukungan komunitas yang solid dan kuatnya asumsi soal potensi profit tinggi. Beberapa meme coin yang terbukti sukses dan menghasilkan keuntungan bagi investor awalnya adalah Shiba Inu dan Dogecoin

Baca juga: Waktu Investasi Raup US$1 Juta di Memecoin

Kesuksesan keduanya berhasil memicu gelombang meme coin lainnya. Namun banyaknya meme coin tidak dibersamai dengan keyakinan investor akan potensi sektor ini di masa depan karena risiko penipuan, tingkat risiko, dan spekulasi yang tinggi mirip berjudi.

Sebuah survei bertajuk State of Meme Coin 2023 dari Chainplay kepada 1.504 investor di seluruh dunia menemukan bahwa 70% investor percaya bahwa meme coin adalah penipuan. Perspektif mereka juga condong pada anggapan bahwa meme coin hanya menghasilkan keuntungan di awal kemudian turun secara signifikan. 

73% investor juga percaya bahwa berinvestasi di meme coin adalah bentuk dari perjudian. Survei Chainplay mengungkapkan bahwa 51% investor meme coin hanya melakukan riset kurang dari 60 menit sebelum berinvestasi. Tiga faktor teratas yang paling banyak dianalisis investor adalah ketenaran, aktivitas komunitas, dan sosial media meme coin.

Kemudian, lebih dari 60% investor juga menyebutkan kesenangan, rasa penasaran, dan potensi pengembalian tinggi menjadi alasan mengapa mereka masih rela menaruh uangnya ke dalam meme coin. 

Hasil tersebut menunjukan bahwa terjadi sebab akibat bagaimana perspektif berinvestasi dalam koin meme terasa seperti taruhan dan perjudian karena sebagian besar investor tidak melakukan penelitian lebih dalam soal aset yang akan mereka beli. 

Padahal untuk berinvestasi dalam aset yang berisiko tinggi perlu dilakukan penelitian menyeluruh dan mendalam bukan hanya soal kesenangan semata.

Baca juga: 7 Meme Coin Paling Populer 2023

Investor Tidak Yakin Soal Masa Depan Meme Coin

Karena sifat meme coin yang mudah berubah dan tidak dapat diprediksi, hanya 8% investor yang menempatkan lebih dari 25% portofolio kripto mereka pada koin tersebut. Pendekatan konservatif ini menunjukkan selera risiko yang terukur dan preferensi untuk diversifikasi.

Sementara itu ketika berbicara soal masa depan meme coin, sebanyak 55,13% dari investor yang disurvei merasa tidak yakin tentang masa depan meme coin.

Ketidakpastian ini sebagian besar berasal dari beberapa faktor seperti penurunan harga drastis, utilitas terbatas, dan rentan terhadap manipulasi dan penipuan pasar.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.