Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Bitcoin · 5 min read

Solo Miner Berhasil Dapatkan 3,125 Bitcoin Bernilai Rp3,2 Miliar

solo miner bitcoin

Seorang solo penambang berhasil memecahkan satu blok Bitcoin dan mendapatkan 3,125 Bitcoin, dengan nilai sekitar US$200.000 atau setara dengan Rp3,2 miliar.

Ini prestasi yang luar biasa, mirip seperti memenangkan lotre, karena menambang blok yang valid sendirian sangat jarang terjadi. Hanya terjadi 282 kali dari 841.300 blok yang diproduksi sejak Bitcoin ditambang 14 tahun lalu.

Con Kolivas, seorang insinyur perangkat lunak dan administrator dari kumpulan penambangan solo ckpool, membagikan informasi pada 28 April 2024 mengenai peristiwa langka ini.

Ia menuliskan di akun X, bahwa penambang tunggal tersebut memiliki tingkat hash yang sangat tinggi, sekitar 120 petahash per detik (PH/s) pada saat itu, setara dengan sekitar 0,12 exahash per detik (EH/s).

Rata-rata, penambang tersebut memiliki tingkat hash sekitar 12 PH/s selama satu minggu, yang hanya sekitar 0,02% dari total tingkat hash jaringan.

Kolivas meneliti lebih lanjut dan menemukan bahwa penambang Bitcoin tunggal ini sebelumnya tergabung dalam sebuah kelompok penambangan, namun kemudian beralih ke penambangan solo.

Alasannya bisa beragam, mulai dari penurunan pendapatan setelah halving, kenaikan biaya listrik, hingga peluang yang lebih baik untuk mendapatkan keuntungan dari blok tunggal.

Baca juga: Penggunaan Energi Berkelanjutan Mining Bitcoin Capai Rekor Tertinggi

Momen Langka di Penambangan Bitcoin

Menambang BTC memerlukan peserta untuk menggunakan kekuatan komputasi untuk menyelesaikan dan menambahkan blok berikutnya ke jaringan.

Namun, seiring dengan kenaikan harga aset, popularitas pertambangan semakin meningkat, menyebabkan meningkatnya kesulitan pertambangan (mining difficulty) dan tingkat hash yang membuat hampir tidak mungkin untuk menyelesaikan satu blok sendirian karena membutuhkan daya komputasi dan listrik yang besar.

Sementara itu, pada bulan Maret 2023, dilaporkan bahwa seorang penambang solo berhasil mendapatkan seluruh hadiah 6,25 BTC untuk menyelesaikan sebuah blok. Namun, harga saat itu jauh lebih rendah, sehingga hadiahnya sekitar US$150.000.

Baca juga: Solo Miner Bitcoin Dapatkan Rp2,3 Miliar dengan Alat Mining Seadanya!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.