Berita Blockchain Ā·Ā 5 min read

Solana Luncurkan Plugin ChatGPT dan Program Pengembangan AI!

Plug-in ChatGPT di Jaringan SolanaCoinfest Asia 2023

Solana Foundation sedang serius mengembangkan teknologi AI di ekosistem jaringannya. Baru-baru ini, Solana meluncurkan plugin ChatGPT dan sedang melaksanakan program pendanaan proyek web3 accelerator yang ditujukan bagi mahasiswa.

Plugin Chat GPT Solana

Solana Foundation mengumumkan telah mengintegrasikan plugin ChatGPT ke dalam jaringannya pada 24 Mei. Solana Labs telah mengembangkan plugin ChatGPT yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi langsung dengan jaringan Solana.

Plugin ChatGPT berfungsi untuk memeriksa saldo dompet, mentransfer token, dan membeli maupun membuat daftar NFT melalui ChatGPT. Plugin ini juga dapat digunakan untuk memeriksa transaksi dan menafsirkan data.

Menurut Kepala Produksi Solana Labs Tal Tchwella, Solana telah memasukkan ChatGPT ke dalam node RPC mereka. Node tersebut akan mengakses data dari berbagai sumber on-chain dan menyediakan informasi sesuai yang dibutuhkan pengguna.

Contohnya, pengguna dapat menggunakan plugin ini untuk mengetahui NFT mana yang dapat dibeli menggunakan token Solana (SOL) yang mereka miliki di akun mereka.

Plugin ChatGPT awalnya akan fokus pada NFT. Penjualan NFT Solana mencapai sekitar 58 juta dollar AS dalam satu bulan terakhir.

Baca juga: CTO Ripple Bantah Konspirasi Soal XRP Ledger di ChatGPT

Program Web3 Accelerator

Solana Foundation juga mengumumkan program Web3 Accelerator yang berfokus pada pengembangan AI. Program ini ditujukan bagi mahasiswa tingkat universitas dan telah dimulai pada awal April. Pendaftaran dapat dilakukan melalui tautan berikut.

Anggaran awal berkisar di angka 1 juta dollar AS, kemudian anggaran ditambahkan menjadi 10 juta dollar AS. Dalam waktu kurang dari sebulan, lebih dari 50 aplikasi telah diajukan untuk hibah tersebut.

Programmer Solana Ryan Trat membagikan 10 ide mengenai pengembangan AI di jaringan Solana, sebagai berikut:

  1. Transparansi dan Atribusi Data: Membuat mekanisme untuk melacak data yang digunakan dalam model AI, dengan tujuan meningkatkan kepercayaan pengguna. Memberikan penghargaan kepada pengguna yang berkontribusi data. Mengurangi bias dalam model AI dengan melibatkan diskusi terbuka dan kolaborasi dengan komunitas pengguna dan ahli.
  2. Pengumpulan Data yang Menarik: Membuat pengumpulan data menjadi menarik dengan menerapkan model “bayar untuk mendapatkan” yang berfungsi dan berkelanjutan.
  3. Program On-Chain Berbasis AI: Menambahkan lapisan subjektivitas pada program-program di jaringan blockchain. Menghasilkan hasil yang dapat direproduksi untuk model AI dan penggunaan AI lainnya. Memungkinkan program-program di jaringan blockchain berinteraksi dan memberikan konten AI secara langsung di blockchain.
  4. Pencegahan Penipuan di DeFi: Keuangan tradisional memiliki banyak mekanisme untuk mencegah penipuan, namun di DeFi, mekanisme ini masih kurang. Dengan mengintegrasikan kecerdasan buatan (seperti jaringan oracle) di DeFi, kita dapat mengambil langkah penting dalam mencegah penipuan di jaringan blockchain.
  5. Melawan AI Palsu: Memanfaatkan transparansi dan keandalan blockchain untuk membedakan antara konten asli yang dibuat oleh manusia dan konten palsu yang dibuat oleh AI dan dimanipulasi.
  6. Infrastruktur AI Terdesentralisasi: Mengembangkan model bukti kerja untuk menjalankan model AI. Memberikan insentif kepada peserta yang menyumbangkan kekuatan komputasi mereka melalui GPU untuk menjalankan program-program di jaringan blockchain, dengan hadiah berupa ekonomi token, dll.
  7. Alat Bantu Kerja Augmented AI: Mengembangkan alat AI untuk meningkatkan alur kerja di ekosistem Solana, mengoptimalkan proses dan meningkatkan efisiensi, agar kita dapat membangun hal-hal baru yang luar biasa.
  8. Pengalaman Pengguna yang Ditingkatkan (UX): Inovasi aplikasi yang menggunakan antarmuka bahasa manusia untuk berinteraksi dengan program di jaringan blockchain, dengan tujuan meningkatkan pengalaman pengguna di seluruh ekosistem Solana. Contohnya adalah penggunaan chatbot untuk program di jaringan blockchain, dompet digital, dan sebagainya.
  9. Hubungan Pengembang (DevRel): Membangun alat AI yang dapat memahami dan membantu pengembangan program-program di ekosistem Solana.
  10. Otomatisasi Seni/teks NFT: Menerapkan kecerdasan buatan untuk menghasilkan variasi unik dalam koleksi seni atau teks NFT secara adil. Integrasi dengan mesin penjajakan lainnya, dan sebagainya.

Baca Juga: Mengenal Artificial Intelligence (AI) dan Contohnya

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun. Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya

author
Anggita Hutami

Editor

arrow
Coinfest Asia 2023

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.