Berita Altcoins · 6 min read

CTO Ripple Bantah Konspirasi Soal XRP Ledger di ChatGPT

CTO Ripple

Chief Technology Officer (CTO) Ripple menanggapi teori konspirasi yang dibuat oleh alat Kecerdasan Buatan (AI) ChatGPT, yang berisi pandangan bahwa XRP Ledger (XRPL) dikendalikan oleh Ripple.

Sekilas informasi, ChatGPT adalah sebuah chatbot  (program komputer berupa robot virtual) yang dibangun oleh perusahaan riset  Artificial Intelligence (AI) OpenAI. Dirancang untuk berinteraksi “dengan cara percakapan” dan menjawab pertanyaan tentang semua hal yang ditanyakan penggunanya. 

Sementara, XRP Ledger merupakan blockchain publik yang bersifat terdesentralisasi yang berfungsi untuk mengirim XRP, mata uang fiat, dan aset digital lainnya. 

Konspirasi soal XRP Ledger ini diawali karena ada pengguna Twitter bernama Stefan Huber yang menggunakan ChatGPT untuk menanyakan seputar desentralisasi XRP Ledger yang ternyata ditanggapi oleh chatbot tersebut dengan mengatakan bahwa ‘Ripple dapat mengontrol blockchain XRP Ledger’.

Chatbot juga menambahkan bahwa fakta XRP Ledger dapat melakukan open source karena perusahaan mungkin saja memiliki “hak administratif” kode yang tidak sepenuhnya dimiliki oleh publik

CTO Ripple, David Schwartz menilai bahwa pendapat dari ChatGP tidak masuk akal. Ia  mempertanyakan logika dari jawaban bot tersebut, alasan bahwa dengan logika tersebut, maka Ripple juga bisa mengontrol jaringan Bitcoin yang sifatnya terdesentralisasi karena tidak dapat ditentukan dari kodenya, jika Ripple dapat mengontrol jaringan blockchain di XRP Ledger.

ChatGPT Tidak Sepenuhnya Kredibel

XRP Ledger bersifat terdesentralisasi yang berarti suatu sistem dari keseluruhan pengambilan keputusan diserahkan kepada para pengguna sistem tanpa adanya salah satu individu yang mengaturnya, sederhananya tidak ada satu pun pihak yang dapat menjadi perantara saat transaksi. 

Informasi dari ChatGPT juga tidak bisa dianggap kredibel sepenuhnya karena tidak ada kebenaran data yang digunakannya.

Baca Juga: Laporan Q3 Ripple, Pasokan XRP Turun Di bawah 50%

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.