Solana Jadi Produk Trust Grayscale Selanjutnya!

Rossetti Syarief

2nd December, 2021

Manajer aset mata uang digital terbesar dunia, Grayscale Investment, resmi umumkan peluncuran Solana Trust.  

Sering disebut sebagai “Ethereum killer”, blockchain Proof-of-History yang dibangun oleh Solana Labs memperoleh daya tarik khusus dengan memanfaatkan transaksi cepat dengan biaya rendah serta konsumsi energi seminimal mungkin.

Pada saat penulisan, SOL alami kenaikan 6% dan diperdagangkan pada $223.

Namun, kapitalisasi pasarnya memang alami sedikit penurunan. Dari yang awalnya $77 miliar dan menetapkan rekor tertinggi sepanjang masa, kini menjadi $66 miliar saja. 

Meski begitu, secara keseluruhan SOL alami kenaikan lebih dari 13.000% sejak awal tahun. Sementara Solana Trust sendiri, kini telah memiliki $9,5 juta di bawah manajemen ketika peluncurannya telah diresmikan secara publik pagi ini.

Produk Trust Selanjutnya dari Solana

Solana Trust adalah produk Trust altcoin selanjutnya dari Grayscale, yang sebelumnya dimulai dari peluncuran Trust versi Chainlink, Decentraland, dan Basic Attention Token di tahun ini.

Menurut pengumuman tersebut, produk Trust untuk jaringan Solana telah tersedia untuk daily subscriptions oleh pengguna yang memenuhi syarat serta institutional accredited investor.

Michael Sonnenshein selaku CEO Grayscale kemudian menjelaskan, bahwa perusahaan akan menerima serta mengadopsi sejumlah aset crypto yang telah memenuhi syarat, untuk menjadi produk Trust selanjutnya.

Menurut observasi perusahaan, investor kini telah mendiversifikasi eksposur mereka pada aset digital seperti Bitcoin dan Ethereum.

Lebih lanjut, sang CEO mengungkapkan rencana Grayscale, “Kami akan terus berkembang dan tetap berkomitmen untuk menawarkan peluang kepada investor untuk mengakses ekonomi digital,”

Pencapaian Solana yang Mengesankan

Jaringan Solana beserta asetnya telah tumbuh secara signifikan pada tahun 2021. 

Harga SOL telah naik drastis, dari yang awalnya $1,84 pada awal tahun, kini menjadi lebih dari $200.

Faktanya, SOL bahkan pernah mengungguli Bitcoin dan Ethereum pada bulan Oktober, meningkat sekitar 41,9% di periode yang sama.

Ditambah lagi, minat investor pada protokol DeFi dan NFT pada jaringan Ethereum terhalang oleh biaya transaksinya yang tinggi. Sejumlah investor kemudian bermigrasi ke jaringan Solana karena biaya transaksinya yang lebih rendah.

Dengan kerja keras tim yang terus melakukan pembaruan pada ekosistem, akankah Solana benar-benar bisa menggeser Ethereum di masa depan?

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.