Solana Indonesia dan Holaplex Adakan Workshop NFT

Anisa Giovanny

17th January, 2022

Ketenaran NFT di Indonesia tidak bisa dibendung lagi terutama setelah Ghozali viral dengan ragam NFT miliknya yang berhasil terjual di OpenSea.

Melihat fenomena itu, masyarakat pun berbondong-bondong untuk mengikuti jejaknya. Sayangnya pengetahuan seputar NFT belum merata, masih banyak yang hanya bermodalkan peruntungan tanpa memahami lebih dalam.

Karena itu untuk membuat masyarakat awam mengerti soal NFT dan bukan hanya mengikuti trend semata, hadirlah workshop NFT yang diadakan Solana dan Holaplex.

Acara ini berlangsung pada 19 Januari 2021 secara virtual dengan pembicara Arnold Poernomo, Eternal Monks, dan Flag Monkez.

Dalam acara ini para peserta akan diajak untuk mengenal, memahami, membuat etalase Holaplex, membuat dan menjual NFT.

“ Dengan acara ini , kami bersama tim Holaplex ingin menunjukkan kepada setiap artis bahwa jika Anda seorang kreator yang ingin meluncurkan NFT di Solana, kami akan dengan senang hati membantu, kami di sini untuk mendukung semua sumber daya,” kata amar Menteshashvili, Ecosystem Growth di Solana Labs

Menariknya lagi para peserta yang minting NFT sesuai dengan ketentuan Solana dan Holaplex dapat mengajukan dana minting atau mengklaim biaya.

Dengan ini artinya para peserta tidak perlu khawatir perihal biaya gas dalam memasukkan NFT ke dalam platform NFT marketplace.

Holaplex sendiri didirikan pada 2021, platform tersebut memberi seniman, musisi, dan pembuat konten independen alat sederhana dan gratis untuk membuat dan menjual NFT.

Platform juga menyediakan 2.000 toko untuk pembeli dan kolektor NFT, dengan banyaknya toko ini pengguna bisa menemukan proyek yang akan datang dan artis yang sedang naik daun.

Selain memungkinkan pembuat konten untuk membangun toko dan pasar NFT mereka sendiri dengan cepat dan tanpa kode, Holaplex memanfaatkan dan berkontribusi pada protokol NFT Metaplex, yang memproses pembuatan cepat dan murah di blockchain Solana.

Bukan Kali Pertama Solana Edukasi NFT di Indonesia

Ini bukan kali pertama Solana mengedukasi mengenai NFT di Indonesia. Sebelumnya Solana telah mengadakan kompetisi bertajuk Indonesia Art Project yang bermitra dengan berbagai pihak.

Di antaranya adalah FTX, Serum, Metaplex, Magic Eden, Pintu, USS FEED, Eizper Chain, Project SEED, Coinvestasi, seniman NFT Indonesia: Izzy, NFT whale dan penggila crypto Arnold Poernomo.

Acara ini pun berhasil menarik minat lebih dari 2.500 karya dari lebih 700 seniman yang tersebar di Indonesia.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency