Berita Blockchain · 6 min read

Solana Hadirkan Fitur Baru untuk Permudah Transaksi Kripto di Media Sosial

Pada tanggal 25 Juni, Solana Foundation mengumumkan peluncuran dua fitur baru yakni Solana Actions dan Solana Blinks, hasil kerja sama dengan pengembang tool Dialect.

Kedua fitur ini dirancang untuk mempermudah transaksi kripto di berbagai situs web dan platform media sosial tanpa harus meninggalkan halaman yang mereka gunakan.

Baca juga: Solana Diterpa Rumor sedang Diproses Penyelidikan

Menurut situs web Solana, Actions dan Blinks (Blockchain Links) memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengirim transaksi kripto melalui URL di berbagai situs web atau platform.

Sebagai contoh, pengguna dapat melakukan transaksi kripto tanpa harus meninggalkan platform X, sehingga memberikan pengalaman transaksi yang lebih mulus dan efisien.

Fitur Actions dan Blinks untuk melakukan transaksi kripto di platform X. Sumber: Solana

Solana Actions menggunakan serangkaian API standar untuk mengirimkan transaksi yang dapat ditandatangani langsung dari aplikasi ke pengguna. Fitur ini di-host di URL yang dapat diakses publik, sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan situs web mana pun melalui URL tersebut. 

Di sisi lain, Solana Blinks adalah aplikasi klien yang mendeteksi API Action dan membangun antarmuka pengguna untuk berinteraksi dan menjalankan Actions.

Aplikasi yang mendukung Blinks hanya perlu mengenali URL yang kompatibel dengan Actions, menguraikannya, dan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan transaksi tersebut dalam antarmuka yang standar dan mudah digunakan.

Mengutip Decrypt, Head of Engineering Solana Foundation, Jon Wong, menjelaskan bahwa Actions dan Blinks berfungsi layaknya pengguna yang menghubungkan wallet kripto ke dApps.

Fitur ini juga memungkinkan situs web atau aplikasi apa pun menjadi titik distribusi untuk interaksi on-chain, yang menjadikan integrasi transaksi kripto lebih luas dan mudah diakses.

Baca juga: Jaringan Solana Macet, 70% Transaksi Gagal

Pada saat peluncurannya, wallet berbasis Solana seperti Phantom dan Backpack telah lebih dahulu memulai integrasi Actions dan Blinks di X. Selain itu, mitra lain yang berpartisipasi dalam peluncuran ini termasuk Sanctum, Geno, Meteora, Access, Jupiter, dan Helius.

Solana telah menjadi salah satu jaringan pilihan para penggemar kripto karena biaya transaksinya yang relatif lebih rendah dan cepat dibandingkan dengan blockchain besar lainnya seperti Bitcoin dan Ethereum.

Studi dari CoinGecko pada Mei menunjukkan bahwa Solana terbukti menjadi yang tercepat dengan rekor tertinggi mencapai 1.504 TPS. Melonjaknya transaksi di Solana sebagian besar dipengaruhi oleh popularitas meme coin yang berkembang pesat di jaringan tersebut.

Baca juga: 5 Blockchain ini Dinobatkan Jadi yang Tercepat di Dunia

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.