Berita Blockchain · 8 min read

Solana Bakal Rilis Ponsel Web3 Seeker, Segini Harganya!

Smartphone Solana edisi kedua

Solana Mobile, anak perusahaan dari Solana Labs yang bergerak di bidang teknologi blockchain, mengungkapkan informasi terbaru mengenai ponsel Web3 terbarunya, Seeker, yang dijadwalkan akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2025.

Baca juga: Pre-order HP Solana Saga Chapter 2 Dimulai, Harga Rp7 Juta

Menurut rilis pers pada Rabu (18/9/2024), Solana Mobile menyatakan bahwa pre-order ponsel Seeker yang dibanderol US$450 per unit telah mencapai angka penjualan hingga 140.000 unit di 57 negara. Pada awalnya, Seeker diperkenalkan dengan julukan “Chapter Two” saat tahap awal yang penjualan yang dimulai pada Januari lalu.

“Kami mendirikan Solana Mobile dengan misi membawa kripto ke ranah mobile. Untuk mencapai itu, kami perlu membuat Seeker lebih terjangkau, lebih mudah diakses, dan mengintegrasikan perangkat keras serta perangkat lunaknya lebih dalam lagi untuk Web3,” ujar Anatoly Yakovenko, CEO Solana Labs.

Penampakan Solana Seeker. Sumber: Solana Mobile

Peluncuran Seeker ini mengikuti kesuksesan pendahulunya, Solana Saga, yang mendapatkan popularitas di akhir tahun 2023. Ponsel Saga menarik perhatian karena menghadirkan peluang arbitrase yang menarik, terutama dengan penawaran 30 juta meme coin BONK.

Ketika nilai BONK melonjak, airdrop token tersebut menjadi lebih berharga daripada harga ponselnya yang memicu lonjakan permintaan yang luar biasa.

Baca juga: Sempat Tak Laku, Smartphone Solana Saga Kini Laris Manis

Fitur Solana Seeker

Mengutip Decrypt, General Manager Solana Mobile, Emmett Hollyer, menjelaskan bahwa nama “Seeker” terinspirasi oleh semangat pengguna yang berupaya menemukan peluang baru, baik dalam bentuk hadiah, pengalaman, maupun koneksi.

Hollyer juga membocorkan beberapa peningkatan signifikan yang akan hadir pada Seeker dibandingkan pendahulunya. Ponsel ini nantinya akan dilengkapi dengan layar flagship yang lebih cerah, baterai yang lebih tahan lama, dan peningkatan pada kamera, termasuk sensor ketiga di bagian belakang ponsel.

Dari segi performa, Hollyer menjanjikan bahwa Seeker akan menjadi lompatan besar dari spesifikasi Saga sebelumnya. Ponsel ini juga akan didesain lebih ringan dan lebih kecil, didasari oleh pandangan bahwa banyak pengguna mungkin akan menggunakan Seeker sebagai perangkat sekunder, bukan sebagai pengganti ponsel utama mereka.

Karena mengusung tema ponsel Web3, Seeker juga akan dilengkapi dengan Solana dApp Store 2.0, yang menawarkan pelacak hadiah baru dan peningkatan pencarian untuk aplikasi di seluruh merchant, DeFi, DePIN, NFT, AI, dan game.

Meski menghadirkan sejumlah perubahan, beberapa fitur kunci Seeker tetap mirip dengan Saga. Salah satunya adalah integrasi kripto yang masih didorong oleh Seed Vault, yakni solusi penyimpanan aset kripto khusus yang terintegrasi dalam ekosistem yang aman di ponsel. Kali ini, fitur tersebut juga menjadi elemen visual yang mencolok dalam desain ponsel, terlihat pada potongan mengkilap di sisi kanan perangkat.

Tombol fisik untuk Seed Vault di Solana Seeker. Sumber: Solana Mobile

Selain Seed Vault, Solana Mobile juga bekerja sama dengan Solflare untuk merancang wallet perangkat lunak khusus bagi Seeker. Wallet ini diklaim akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dibandingkan wallet yang tersedia di Saga.

Adapun, setiap ponsel Seeker akan disertai dengan Seeker Genesis Token, sebuah soulbound NFT yang akan selalu terhubung dengan wallet pemiliknya. Model ini pertama kali diperkenalkan oleh Saga yang menawarkan berbagai hadiah hingga akses eksklusif dan pengalaman khusus di sekitar ekosistem Solana.

Menurut Hollyer, insentif-insentif ini sepenuhnya didorong oleh komunitas. Dirinya juga mencatat akan adanya gelombang minat yang besar dari pengembang Solana untuk menjangkau pengguna Seeker. 

Baca juga: ETF Solana Diproyeksi Disetujui pada Maret 2025

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.