Siaran Pers · 6 min read

Smartpy Mudahkan Developer Gunakan Smart Contract di Tezos

Smartpy Tezos

SmartPy adalah bahasa yang tersedia melalui pustaka Python dan dirancang untuk memungkinkan pengembang menulis kontrak pintar dengan cepat dan mudah tanpa perlu mengetahui seluk beluk bahasa mesin virtual universal Michelson yang asli dari blockchain Tezos.

Rohwan Pahwa mahasiswa jurusan teknologi dari Universitas Bennet mengungkapkan jika dia telah menjelajahi dunia kontrak pintar di blockchain Tezos menggunakan SmartPy.

“Ketika saya mengetahui bahwa Anda dapat membuat dApps dengan Python di blockchain Tezos, saya mulai menggunakan SmartPy tanpa ragu-ragu karena saya sudah terbiasa dan nyaman dengan Python,” katanya.

Rohan mengatakan bahkan orang yang baru dalam pengembangan dapat dengan cepat memahami Python karena sintaks dan fiturnya yang mudah dipahami. 

“Michelson adalah bahasa yang sama sekali berbeda, Anda perlu mempelajarinya secara menyeluruh sebelum mulai mengembangkannya.”

Dia juga mengatakan SmartPy memudahkan pengembang baru untuk menulis kontrak pintar karena ini adalah pustaka Python. “Ini memiliki sintaks yang mudah dipahami, fungsi yang diketik secara dinamis, dan fleksibilitas yang luar biasa.

“SmartPy menambahkan beberapa perubahannya sendiri ke Python asli, tetapi itu karena memudahkan pengguna untuk menulis kontrak pintar,” tambahnya.

Baca juga: Apa itu Smart Contracts?

Mengenal SmartPy 

Menggunakan SmartPy memungkinkan pengembang pemula atau berpengalaman untuk terjun langsung ke penulisan kontrak pintar di blockchain Tezos tanpa perlu mempelajari bahasa khusus kontrak pintar.

SmartPy menawarkan berbagai alat untuk memfasilitasi penulisan kontrak cerdas, termasuk analitik, yang menggunakan elemen antarmuka pengguna untuk menganalisis kontrak cerdas dan propertinya.

Juga termasuk dalam SmartPy adalah SmartML, mesin virtual yang ditulis dalam OCaml, dan kompiler yang digunakan untuk menerjemahkan kontrak dari SmartML ke Michelson. Dan karena SmartPy didasarkan pada pustaka Python, ini memungkinkan penggunaan definisi SmartML.

Pengembang SmartPy, SmartPy.io, percaya bahwa fitur ini akan menurunkan hambatan untuk masuk ke penulisan kontrak pintar dan memberdayakan pengembang dApps dan kontrak pintar untuk berkontribusi pada ekosistem Tezos bahkan jika mereka tidak memiliki pengalaman dalam pemrograman fungsional.

“Tujuan utama kami adalah SmartPy menciptakan jembatan yang diperlukan antara lingkungan pengembangan yang sesederhana dan seramah mungkin tanpa mengorbankan ketahanan dan keamanan apa pun yang merupakan identitas inti Tezos,” tulis para pendiri Smartpy dikutip dari blog Tezos. 

Menurut  Rohan, SmartPy menyediakan ruang yang aman dan nyaman bagi pengembang baru untuk membuat kontrak pintar. Juga mudah bagi para pengembang baru untuk bergabung, katanya.

“Yang perlu mereka lakukan hanyalah memahami cara kerja dasar dApp, seperti interaksi yang diperlukan antara blockchain Tezos, pengguna, dan dasar-dasar Python,” pungkas Rohan.

Pelajari lebih lanjut tentang pengembangan kontrak pintar di https://tezos.com/developers/

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.