SHIB Diadopsi Coinbase Sebagai Alat Tukar! Volume Beli Meningkat

Naufal Muhammad

30th June, 2022

Token Shiba Inu (SHIB) dikabarkan resmi digunakan sebagai alat pembayaran bersama beberapa crypto lain bagi toko yang menggunakan bantuan Coinbase untuk transaksi barang dengan crypto. 

Kabar ini menjadi sentimen positif untuk beberapa investor besar yang terlihat meningkatkan volume beli dan burn dari SHIB dalam beberapa terakhir. 

Coinbase Gunakan SHIB sebagai Alat Tukar

Toko ritel yang menggunakan Coinbase sebagai teknologi untuk membantu sistem pembayarannya sudah dapat menerima SHIB sebagai alat tukar di tokonya. 

Kabar ini diumumkan oleh divisi commerce atau perdagangan dari Coinbase, dimana saat ini terdapat 10 crypto yang tersedia untuk digunakan sebagai alat tukar. 

10 crypto tersebut adalah Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), USD Coin (USDC), Bitcoin Cash (BCH), Litecoin (LTC), Dogecoin (DOGE), Dai (DAI), Tether (USDT), ApeCoin (APE), dan Shiba Inu (SHIB)

Menurut pernyataan dari Coinbase, transaksi ini akan terjadi di luar blockchain, melalui jaringan yang dibentuk Coinbase untuk transaksi antara dua pihak, pembeli barang dan pemilik toko. 

Coinbase menjelaskan kepada pengguna toko agar tidak perlu khawatir terhadap volatilitas harga, sebab jaringan yang digunakan akan membuat transaksi terjadi secara instan. 

Jadi tidak akan ada volatilitas yang terjadi saat transaksi, karena transaksi akan diakomodir oleh jaringan yang dibentuk Coinbase, bukan menunggu jaringan blockchain dari token atau koin yang digunakan, sehingga tidak perlu menunggu validator blockchain. 

Toko juga dikabarkan boleh memilih crypto yang mau ia terima dari 10 crypto yang tersedia, jadi tidak harus menerima semuanya. 

Pemilik toko juga bisa memilih untuk langsung mengubah penerimaannya ke dalam fiat atau menyimpannya dalam crypto. 

Kabar ini pun menjadi sentimen positif untuk SHIB dan DOGE yang beberapa hari sebelumnya baru saja dihapus dari produk earn, sejenis deposito, dari bursa Crypto.com. 

Burn Rate dan Volume Beli Meningkat

Bersama dengan sentimen positif ini, terlihat bahwa volume beli dari SHIB mengalami peningkatan signifikan bersama tingkat kecepatan burnnya. 

Tercatat bahwa 2.000 whale atau investor besar dalam blockchain Ethereum melakukan transaksi besar terhadap SHIB. 

Menurut data dari WhaleStats, para whale besar di blockchain Ethereum memiliki sekitar $5 Juta dalam SHIB.  

Volume beli yang meningkat ini juga terlihat dari etherscan, dimana angka SHIB yang pindah dari satu wallet ke wallet lain meningkat drastis. 

Terlihat bahwa terdapat sebesar 13,6 Triliun SHIB yang berpindah tangan hanya dalam satu hari pada 29 Juni 2022, menandakan adanya beberapa investor besar. 

SHIB Diadopsi Coinbase Sebagai Alat Tukar! Volume Beli Meningkat
Data Pergerakan SHIB di Wallet Blockchain Ethereum

Angka ini adalah angka perpindahan SHIB dari satu wallet ke wallet lain secara keseluruhan tertinggi ketiga sejak satu bulan terakhir. 

Bersama volume beli yang meningkat ini, volume atau tingkat kecepatan burn SHIB juga meningkat drastis. 

SHIB Diadopsi Coinbase Sebagai Alat Tukar! Volume Beli Meningkat
Data Burn SHIB dari Shibburn.com

Untuk saat ini jumlah SHIB yang sudah di burn adalah sekitar 410,37 Triliun SHIB. Tingkat kecepatan burn SHIB juga terlihat meningkat beberapa hari terakhir dengan kecepatan yang naik dalam satu hari terakhir sebesar 12,94%. 

Baca juga: 2,5 Miliar SHIB Dibakar, Token Shiba Naik 14%

Artinya dalam satu hari terakhir terdapat 12,94% lebih banyak SHIB yang diburn dibandingkan satu hari sebelumnya. 

Saat ini banyak investor dalam komunitas SHIB yang menyarankan untuk membeli SHIB karena sedang murah untuk disimpan atau di burn. 

Sebab, dengan melakukan burn, investor dapat mengurangi jumlah perederan SHIB dan membuat kapitalisasi pasarnya turun ke batas wajar untuk harganya naik lebih tinggi. 

Tapi perlu diingat ada baiknya sebelum membeli, investor harus memahami risiko yang ada dalam berinvestasi crypto.

Baca juga: 5 Tips Investasi Kripto Pemula

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.