Berita Industri · 6 min read

Senator AS Ini Terancam Gagal Menang Pemilu karena Kripto

Senator AS

Senator Amerika Serikat yang seringkali dikritik karena pandangannya terhadap aset kripto, Elizabeth Warren, kini tengah menghadapi tantangan serius untuk mempertahankan kursi senatnya.

Pada 19 Februari, Warren mengirim pesan kepada reporter Eleanor Terrett dari FOX Business yang menunjukkan bahwa ada penantang dari Partai Republik yang mempertimbangkan untuk mencalonkan diri melawan Warren untuk Senat di Massachussets.

Terret mencuit di akun X-nya (20/2) telah mendapatkan email dari sumbernya yang menjelaskan bahwa di email itu Warren langsung menyebut spekulasi Boston Globe bahwa John Deaton akan melawannya di pemilu AS tahun ini. Deaton belum mengumumkan apakah dia berniat mencalonkan diri.

Baca juga: Kreditur Gugat FTX Terkait Rencana Pembayaran Nasabah

Pengaruh Kripto Jegal Warren Menjadi Senator AS

Warren mengatakan dia tidak khawatir meskipun ada tekanan dan lobi kripto yang menargetkannya atas upaya untuk membuat regulasi kripto yang melindungi konsumen dari penipuan. Kendati mengatakan tidak khawatir, namun majunya Deaton yang memiliki wawasan terhadap kripto jelas sedikit banyak dapat membuat posisi Warren terancam.

Di sis lain, selain Deaton, ada pengaruh kuat dari konglomerat kripto dalam mempengaruhi keputusan politik melalui Komite Aksi Super Politik (PAC).

Entitas-entitas ini, yang didukung oleh kekayaan besar yang dikumpulkan melalui mata uang kripto, berupaya membentuk lanskap politik demi keuntungan mereka. Salah satu contoh yang mencolok adalah Fairshake SuperPAC, yang didukung oleh nama-nama besar seperti Ripple dan Coinbase.

Namun, tantangan terbesar bagi Warren mungkin bukan hanya dari pengaruh dari Deaton dan konglomerat kripto, tetapi juga dari upaya legislatifnya sendiri, khususnya dorongan untuk Undang-Undang Anti-Pencucian Uang Aset Digital (DAAML).

Gagasan ini, yang bertujuan untuk menutup kesenjangan peraturan yang memungkinkan aset kripto menjadi pasar keuangan yang liar, mendapat banyak kritik.

Sebagian kritikus, seperti Perwakilan French Hill, berpendapat bahwa menerapkan peraturan keuangan tradisional pada dunia kripto adalah hal yang tidak praktis. Mereka menyebutkan bahwa sifat transaksi kripto, yang berbeda dengan bursa keuangan tradisional, membuatnya sulit untuk diterapkan.

Baca juga: Satoshi Nakamoto dapat Penghargaan dari Amerika Serikat? Ini Faktanya!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.