Berita Bitcoin · 6 min read

Sempat Hilang, ETF BTC BlackRock Kembali ke Website DTCC

BTC ETF blackrock

ETF BTC spot BlackRock telah terdaftar di Depository Trust & Clearing Corporation (DTCC) pada 24 Oktober 2023 pagi hari, namun daftar tersebut menghilang pada malam hari di hari yang sama. Per 25 Oktober 2023, daftar tersebut telah kembali ke website DTCC.

Daftar ETF BTC BlackRock Sempat Hilang dari DTCC

Harga Bitcoin melonjak ke level tertinggi tahunan setelah munculnya ticker IBTC, iShares Bitcoin Trust milik BlackRock pada 24 Oktober 2023 di situs DTCC. Komunitas kripto menjadi ramai dengan spekulasi kemungkinan persetujuan segera untuk ETF Bitcoin spot.

Baca juga: Mengenal ETF Bitcoin dan Dampaknya Pada Harga BTC

Di hari yang sama (24/10/23) pada malam hari, ticker IBTC secara diam-diam menghilang dari situs DTCC. Harga Bitcoin turun -3,7% dari US$34.540 ke US$33.270 setelah temuan ini yang menunjukkan bahwa sebagian besar aktivitas perdagangan tampaknya bergantung pada perkembangan terkait ETF. Akan tetapi, penurunan ini tidak sebanding dengan kenaikan yang diraih oleh BTC.

etf btc blackrock
Gambar: Grafik harga BTC

Ketika ticker IBTC kembali ke website DTCC, seorang pengguna X menyoroti adanya perbedaan antara daftar sebelumnya dengan sekarang. Pada daftar sebelumnya, terdapat “Y” di bawah kolom “create/redeem“, sementara pada daftar terbaru memiliki huruf “N”.

Analis ETF Bloomberg, James Seyffart, memberikan penjelasan bahwa “huruf “N” berarti bahwa produk itu belum dapat dibuat tukar karena belum aktif diperdagangkan”.

Sebuah laporan Reuters pada 25 Oktober mengungkapkan bahwa daftar IBTC telah ditambahkan ke situs DTCC pada bulan Agustus 2023 tetapi baru beberapa hari yang lalu menjadi perhatian luas.

Jurubicara DTCC mengatakan bahwa “itu adalah praktik standar untuk menambahkan sekuritas ke file kelayakan keamanan sebagai persiapan untuk peluncuran ETF baru ke pasar”.

“Kemunculan dalam daftar ini tidak mengindikasikan hasil dari proses persetujuan regulasi atau proses persetujuan lainnya yang tertunda,” tambah juru bicara tersebut.

Per 25 Oktober 2023 pukul 10.30 WIB, BTC terlihat tetap dapat menjaga level di atas resistance US$32.000 meski sempat ada drama IBTC ini. BTC diperdagangkan pada harga US$34.050.

Baca juga: ETF BlackRock Listing di Depositori, Harga Bitcoin Tembus US$35 Ribu

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.